MENARIK.. 25 Grup Perebutkan Juara Festival Kuda Kepang

MENARIK.. 25 Grup Perebutkan Juara Festival Kuda Kepang

ARI/CE Salah satu grup Kuda Kepang yang tampil dalam Lomba di Panggung Utama Dwi Tunggal, Selasa kemarin.--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Dalam meramaikan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota CURUP ke-143 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong melalui Paguyuban Kesenian Kuda Kepang (PKKK) Rejang Lebong menggelar Festival Lomba Kuda Kepang di Panggung Utama Dwi Tunggal CURUP.

Bupati Rejang Lebong, Drs Syamsul Effendi MM menyampaikan, apresiasi kepada seluruh grup peserta Lomba Kuda Kepang yang tergabung dalam PKKK Rejang Lebong.

Dikatakan Bupati, rangkain HUT Kota curup hanya sebuah cover saja. Namun sebagian besar isi di dalamnya yakni memperkenalkan dan mempromosikan kembali adat istiadat, kesenian dan budaya yang dimiliki Bumi Pat Petulai.

BACA JUGA:

“Pada hakikatnya Rejang Lebong ini bukan hanya milik orang Rejang saja, tapi mencakup beberapa kebudayaan lain. Seperti kemarin sudah terlaksana acara adat minang, batak dam wayang kulit,” sampainya.

Persoalan menang atau tidak bukanlah suatu persoalan besar, melainkan bagaimana momen kesenian ini dapat ditonton oleh masyarakat sehingga bisa menjadi tuntunan.

“Mungkin sebagian besar yang nonton ini orang jawa, tapi saya yakin ada juga orang Rejang. Jadi bagaimana mempengaruhi orang Rejang untuk ikut bertanggung jawab atas kesenian Kuda Kepang yang di Rejang Lebong ini,” katanya.

Menurut Bupati, sehingga dalam pagelaran Kuda Kepang ini tidak ada suku-suku dalam arti semuanya sama. Sama-sama memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara Festival Kuda Kepang, Hidayattullah mengatakan, jumlah peserta yang tampil dalam Lomba Kuda Kepang di momen HUT Kota Curup ini ada sebanyak 25 grup yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA:

“Yang tampil totalnya ada 25 grup,” ucapnya.

Adapun tarian yang diperlombakan ada 2 jenis tarian, sebut dia, yakni pertama tarian pegon yang diikuti oleh 15 peserta. Kemudian tarian senterewe diikuti oleh 10 peserta.

“Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari terhitung mulai hari Selasa dan Rabu besok (hari ini, red),” bebernya.

Kemudian yang menjadi kriteria penilaian dewan juri, mulai dari gerakan, kekompakan, kerapihan dan musik. Sambungnya, pemenang yang diambil dari juara 1,2 dan 3 dari masing-masing jenis tarian.

Sumber: