Musim Kemarau, Waspada Kebakaran Hutan

Musim Kemarau, Waspada Kebakaran Hutan

ILUSTRASI/NET Kebakaran Hutan--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, memperingatkan warga di daerah tersebut untuk waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat.

Mengingat saat ini cuaca di daerah tersebut memasuki musim kemarau.

Hal ini disampaikan Kepala BPBD Lebong Tantomi SP.

“Potensi kebakaran hutan dan lahan bisa kapan saja terjadi, apalagi saat ini masuk musim kemarau. Masyarakat Lebong diminta untuk selalu waspada,” katanya.

BACA JUGA:

Tantomi menyebutkan, kejadian kebakaran hutan itu biasanya rentan terjadi di beberapa wilayah di daerah tersebut mulai dari Kawasa Rimbo Pengadang, Kawasan Padang Bano, dan Kawasa Seblat.

“Kurang lebih ada 3 kawasan yang dinilai berbahaya, sehingga kepada warga terutama di area perkebunan untuk tidak meninggalkan api dan membuang puntung rokok sembarangan,” terangnya.

Disisi lain untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran ia mengaku saat ini persediaan sarana dan prasarana di BPBD dinilai masih berkurang.

Maka dari itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk mencegahnya dengan selalu memperhatikan lingkungan sekitar terutama saat menghidupkan api.

“Mengingat terik matahari sangat panas, ditambah angin juga cukup kencang. Keduanya sangat rentan dan membuat kobaran api cepat merambat. Kalaupun ingin membakar sampah perhatikan betul ketika meninggalkan lokasi posisi api sudah padam,” singkatnya.

BACA JUGA:

Sumber: