TPS Tasik Malaya di Sterilkan, Ini Alasannya..

TPS Tasik Malaya di Sterilkan, Ini Alasannya..

IST/CE Proses pembersihan sampah di TPS Tasik Malaya, Selasa kemarin.--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Sebagai upaya pembersihan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) Tasik Malaya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong melakukan netralisasi terhadap tumpukan sampah yang sudah menggunung di TPS Tasik Malaya, Selasa (6/6) kemarin.

Mulai hari ini (kemarin, red) kami membersihkan alias meng nol kan sampah yang menggunung di TPS Tasik Malaya dengan dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jambu Keling,” kata Plt Kepala DLH Kabupaten Rejang Lebong, Dhendi Novianto SKM melalui Kabid Pengelolaan Persampahan, Andi Purwanto.

Dijelaskannya, selain pembersihan hal ini juga dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan dampak sampah kepada masyarakat di sekitar TPS.

Beberapa dampak yang bisa merugikan masyarakat seperti potensi terkena penyakit, bau tidak sedap dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

“Selain memang untuk kebersihan, kita juga memperhatikan dampak lain terhadap lingkungan masyarakat yang tinggal di sekitar TPS,” ucapnya.

Dalam upaya tersebut, kata Andi, pihaknya menerjunkan setidaknya 11 mobil dum truk dan 3 unit alat berat.

Kegiatan pembersihan ini direncanakan terlaksana selama 3 hari ke depan.

“Kami menargetkan dalam satu hari berhasil mengangkut dan memindahkan sampah sebanyak 275 ton sampah dari TPS Tasik Malaya,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, selama ini motor sampah yang berkeliling memungut sampah dalam setiap gang di kawasan Kota Curup membuang sampahnya ke TPS.

Ternyata yang diangkut setiap hari dari TPS oleh mobil dum truk tidak sesuai dengan volume sampah yang masuk, sehingga terjadi penumpukan hingga menggunung.

“Tapi dengan upaya ini seluruh sampah di TPS akan bersih karena semuanya dipindahkan ke TPA Jambu Keling,” tukasnya.

BACA JUGA:

Sumber: