Wahh! Jus Seledri Ternyata Banyak Banget Manfaatnya

Wahh! Jus Seledri Ternyata Banyak Banget Manfaatnya

--

FOOD, CURUPEKSPRESS.COM - Selama ini kita mengenal seledri merupakan pelengkap sebuah masakan, yang biasanya ada di bakso, soto dan makanan lain. 

Masih banyak juga yang tidak menyukai seledri karena memiliki wangi yang khas. 

Namun tahukah kamu, bahwa seledri memilki segudang manfaat untuk tubuhmu? 

Mungkin kamu akan sedikit menolak untuk minum jus seledri karena aromanya, namun apakah setelah melihart manfaat ini kamu masih tidak tertarik?

Berikut adalah beberapa manfaat daun seledri :

1. Menurunkan kadar kolesterol

Riset penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry mengindikasikan bahwa kandungan serat dalam selendri dapat membantu tubuh mengurangi tumpukan jenis kolesterol jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah (LDL).

Kenapa bisa begitu? Kandungan phthalides dalam seledri akan menstimulasi empedu untuk memproduksi cairan empedu, yang bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol.

Menurunnya kolesterol berarti berkurang pula plak pada dinding pembuluh darah, sehingga meningkatkan kondisi kesehatan organ jantung secara umum.

Kandungan serat dari seledri juga mampu mengikis kolesterol dari aliran darah dan membuangkan keluar tubuh bersama kotoran.

 

2.  Menurunkan tekanan darah

Penelitian tahun 2009, mendapatkan fakta bahwa seledri memiliki efek melebarkan pembuluh darah, memberikan darah ruang tambahan untuk mengalir sehingga tekanannya turun.

Phthalides merupakan senyawa kimia organik yang dapat menurunkan kadar hormon-hormon stres dalam darah. Selain phthalides, seledri juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Sumber: