Bupati Salat Id Bersama Warga di Masjid Agung, Ini Pesan Bupati..

Bupati Salat Id Bersama Warga di Masjid Agung, Ini Pesan Bupati..

ARI/CE Bupati RL sambutan saat salat Idul Adha di Masjid Agung Curup, Kamis kemarin.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Memperingati hari raya Idul Adha 1444 Hijriah / 2023 Masehi, Bupati REJANG LEBONG bersama ribuan warga salat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Makmur Curup, Kamis (29/6) pagi kemarin.

Adapun dalam kesempatan itu bertugas sebagai Imam yakni M Andar Qumara dan Khotib diisi oleh Ustadz M Rio Marco (Khotib Masjid Agung Curup).

Bupati Rejang Lebong, Drs H Syamsul Effendi MM menyampaikan, hari raya Idul Adha juga dinamakan hari raya kurban.

Karena di momen ini ribuan bahkan jutaan umat Islam di seluruh penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah haji dengan mengumandangkan takbir.

"Di momen ini juga kita umat muslim mengenang kembali sejarah yang sangat luar biasa dari kedua Nabi Allah yakni Nabi Ibrahim dan Ismail dalam mematuhi perintah-Nya," sampai Bupati.

BACA JUGA:

Bupati melanjutkan, dari peristiwa yang luar biasa dari kedua Nabi itu memiliki dua makna yang harus di teladani oleh seluruh umat Muslim.

Pertama makna ketaqwaan seorang hamba atas apa yang diperintahkan Allah Subhanu wa ta'ala kepadanya.

"Melalui peristiwa itu, kita umat Muslim artinya harus berusaha untuk mematuhi segala macam perintah Allah dengan ikhlas dan dengan kerendahan hati," ujarnya.

Kemudian makna yang kedua, sambung Bupati, yakni makna sosial yang mana Rasulullah sedang mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama.

"Ibadah kurban bisa menjadi bukti kepekaan sosial masyarakat yang mampu terhadap yang lemah. Lalu ibadah kurban juga membuktikan kepada kita bahwa harta yang kita miliki bukanlah sepenuhnya milik kita, tetapi ada hak orang lain di dalamnya," jelas Bupati.

Ditambahkan Bupati, untuk mencapai pembangunan yang lebih berhasil, bukan tidak mungkin seseorang itu dituntut untuk melakukan pengorbanan materi guna memenuhi kebutuhan pembangunan bagi kepentingan masyarakat luas.

"Oleh karenanya saya atas nama pemerintah daerah, mengajak seluruh lapisan masyarakat Rejang Lebong untuk dapat bersama-sama terus berupaya membangun daerah ini guna kemajuan daerah serta meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik," terangnya.

BACA JUGA:

Sumber: