Persiapkan Diri! Dinkes Usulkan 351 PPPK Nakes Tahun Ini

Persiapkan Diri! Dinkes Usulkan 351 PPPK Nakes Tahun Ini

Rephi Meido Satria--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) REJANG LEBONG, hingga kini masih kekurangan banyak tenaga kesehatan (Nakes).

Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebutkan, jika belum lama ini pihaknya melakukan desk data terhadap berapa jatah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) nakes yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kepada Pemkab Rejang Lebong.

"Ketika kami nge desk data waktu itu, dari Kemenkes jatah PPPK nakes untuk Rejang Lebong ada sebanyak 351 nakes," jelas Plt Kadinkes Kabupaten Rejang Lebong, Rephi Meido Satria SKM.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dimana dalam 1 puskesmas idealnya membutuhkan 9 nakes. Diantaranya 2 dokter umum, 1 dokter gigi, apoteker, petugas kesehatan lingkungan (Kesling), petugas gizi, petugas laboratorium, bidan dan perawat.

"Idealnya 9 nakes dalam satu puskesmas itu harus terpenuhi," ujar Rephi.

Menurut dia, apabila semua kebutuhan nakes di 21 puskesmas yang tersebar dalam Kabupaten Rejang Lebong sudah terpenuhi, maka sudah tidak ada lagi kendala mengenai kekurangan nakes.

BACA JUGA:

Dilanjutkannya, adapun puskesmas yang sama sekali belum memiliki dokter umum yakni Puskesmas Sindang Dataran.

Dengan alasan dokter yang sebelumnya bertugas di sana lulus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Provinsi Jambi awal bulan April lalu.

"Puskesmas Sindang Dataran inilah yang sedang diupayakan supaya ada dokter yang memang mau ditugaskan di sana. Gaji THL nya sebesar Rp 5 juta, apabila ada akan kita tempatkan di Puskesmas Sindang Dataran," katanya.

Sedangkan untuk puskesmas-puskesmas yang sudah memenuhi 2 dokter umum, sebut dia, seperti Puskesmas Curup, Tunas Harapan, Perumnas, Kampung Delima dan puskesmas yang ada di sekitar Kota Curup.

"Kebanyakan yang memang sudah mencukupi 2 dokter umum itu puskesmas di sekitaran kota," bebernya.

Terakhir dia menuturkan, pihaknya juga akan mengusulkan untuk tenaga nusantara sehat yakni dokter yang pembayaran gajinya langsung dari Kemenkes RI. 

BACA JUGA:

Sumber: