Manfaat Menguap Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Manfaat Menguap Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Menguap pada dasarnya adalah respon tubuh terhadap kadar oksigen yang rendah dan berhubungan langsung dengan tingkat energi.

Menguap sering terjadi ketika orang merasa lelah, mengantuk, atau bosan dan tidak tertarik dengan apa yang terjadi di sekitarnya (diskusi atau aktivitas).

Menguap juga dikatakan "menular". Ketika seseorang dalam kelompok menguap, begitu pula orang lain, seringkali tanpa sengaja. Menguap juga diduga memiliki efek menurunkan suhu otak.

Saat Anda menguap, lebih banyak oksigen yang masuk ke tubuh Anda. Setiap kali Anda menguap, lebih banyak oksigen masuk ke paru-paru Anda, membantu menghilangkan karbon dioksida.

Jadi apa manfaat kesehatan dari menguap bagi kesehatan? Berikut Penjelasanya.

 

Menurut teori ini, tubuh kita menerima lebih sedikit oksigen karena kita bernapas lebih lambat. Menguap karena itu membantu membawa lebih banyak oksigen ke dalam darah dan menghilangkan lebih banyak karbon dioksida dari darah.

Setiap kali Anda menguap, Anda membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru Anda, yang membantu memecah karbon dioksida yang menumpuk di paru-paru Anda, umumnya dikenal sebagai "udara buruk". Ini meningkatkan sirkulasi oksigen di otak.

BACA JUGA:

Menguap mengurangi stres dan membantu relaksasi

Saat Anda sangat fokus pada suatu proyek dan perlu mempertahankan perhatian Anda, menguap setiap 20 menit, lalu duduk dan rileks. Melakukan aktivitas yang terfokus membutuhkan banyak energi untuk tetap terjaga.

Itu terletak di bagian otak yang baru berkembang yang disebut lobus prefrontal. Bagian otak ini rentan terhadap stres dan kelelahan.

 

Meredakan sakit telinga dan ketidaknyamanan.

Sumber: