Jangan Terkecoh, Modus Penipuan Lewat Whatsapp, Bisa Bobol Isi ATM

Jangan Terkecoh, Modus Penipuan Lewat Whatsapp, Bisa Bobol Isi ATM

IST/CE Contoh modus kasus penipuan APK.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sempat heboh modus penipuan melalui pesan tautan, dokumen atau aplikasi APK (Android Package Kit) bertuliskan Surat Undangan Pernikahan Digital melalui aplikasi pesan instan (WhatsApp).

Berkaitan dengan hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Rejang Lebong, mengimbau kepada masyarakat agar bisa lebih waspada dan hati-hati terhadap jenis penipuan lewat pesan WA tersebut.

"Dengan semakin canggihnya teknologi informasi, modus-modus penipuan baru pun bermunculan, salah satu yang saat ini sedang viral ialah melalui tautan atau link di pesan WA yang disebar penipu kepada korban," sampai Kepala Diskominfo Rejang Lebong, Dodi Syahdani SSos MSi kepada wartawan.

Menurut dia, para penipu menggunakan WA hanya sebagai medium untuk melancarkan aksinya. WA dipakai untuk menjerat korban agar mau melakukan tindakan berikutnya, yaitu melakukan pemasangan aplikasi dengan format APK (format aplikasi untuk ponsel Android).

BACA JUGA:

Dodi juga menjelaskan, saat aplikasi APK itu di klik atau terinstal di ponsel korban, maka penipu bisa mencuri data-data pribadi atau data rahasia si pengguna/korban. Data itu lalu dapat berpotensi tinggi dipakai penipu untuk menguras uang yang berada di rekening bank milik pengguna.

"Jadi dampak akhir dari modus tersebut ialah penipu bisa memperoleh data pribadi korban yang digunakan untuk menguras uang di rekening si korban," bebernya.

Lebih jauh ia mengingatkan, bagi pengguna handphone untuk lebih berhati-hati apabila ada pesan WA dari nomor tidak diduga masuk yang mengirim file dengan ekstensi APK meminta untuk di klik. Karena itu merupakan aplikasi penyadap data handphone pengguna.

Sambungnya, apabila di klik maka data handphone pengguna dapat dikendalikan dan lebih berbahaya apabila di handphone tersebut dapat dilakukan transaksi keuangan seperti m-banking.

"Contoh kasusnya ialah pengiriman paket melalui salah satu jasa kurir J&T seperti yang tertera di foto," tukasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: