5 Penyakit Ini Mendominasi di Rejang Lebong

5 Penyakit Ini Mendominasi di Rejang Lebong

ILUSTRASI/NET --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Penyakit bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong mengungkapkan, sedikitnya ada 5 jenis penyakit yang kasusnya paling banyak terjadi di Rejang Lebong.

Sebagaimana dikatakan Kepala Dinkes Rejang Lebong, Rephi Meido Satria SKM melalui Kasi Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM), Titin Julita SKM, dimana kasus penyakit tersebut mencapai ratusan bahkan ada yang hampir 1.000 kasus.

"Berdasarkan data per semester I tahun 2023, ada 5 jenis penyakit menular dengan kasus terbanyak di Rejang Lebong," ucapnya.

Lebih lanjut dirinya memaparkan, penyakit diare tercatat sebanyak 739 kasus, Ispa sebanyak 114 kasus, gigitan hewan penular rabies (GHPR) sebanyak 73 kasus, Tuberkulosis atau TB paru sebanyak 84 kasus dan demam berdarah dengue (DBD) sebanyak 21 kasus.

"Sejauh ini memang diare yang paling banyak terhitung dari Januari sampai Juni kemarin," katanya.

BACA JUGA:

 

Sambung dia, untuk penyakit TB wilayah dengan kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kecamatan Curup dan Kecamatan Curup Utara. Kasus GHPR menyerang warga terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Selupu Rejang total ada 20 kasus dan Curup Tengah total 14 kasus.

"Dari tahun ke tahun untuk kasus GHPR memang banyak terjadi di dua wilayah kecamatan itu, seperti anjing dan kucing," bebernya.

Selanjutnya, tambah dia, Kasus DBD banyak terjadi di wilayah Kecamatan Curup Tengah dan Curup Timur. Lalu Diare kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Curup, Curup Utara, Bermani Ulu Raya, Bermani Ulu, Curup Timur, Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Binduriang.

"Semua data tersebut berdasarkan hasil rekapan data yang terkumpul dari 21 puskesmas yang ada dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong," pungkasnya. 

 

BACA JUGA:

Sumber: