Pawai Tahun Baru Islam MIM 10 RL Meriah

Pawai Tahun Baru Islam MIM 10 RL Meriah

Aziz/CE Antusiasme siswa MIM 10 Karang Anyar mengikuti pawai. --

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam memperingati tahun baru Islam atau lebih dikenal 1 Muharram 1445 Hijriah.

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 10 Karang Anyar menyamaratakannya dengan melaksanakan pawai yang diikuti oleh 350 orang jumlah keseluruhan siswa Madrasah tersebut pada Jumat (28/7) keman.

Adapun dalam kegiatan pawai tersebut siswa MIM 10 Karang Anyar melaksanakannya dengan melaksanakan permainan alat musik drumband yang merupakan salah satu ekstrakulikuler unggulan madrasah tersebut.

Kepala MIM 10 Karang Anyar Burhan Fajri SPdI melalui wakil kesiswaan MIM 10 Karang Anyar Andika Saputra SPd menjelaskan adapun yang menjadi jalur pelaksanaan pawai tersebut.

Diantaranya yakni dimulai dari lokasi MIM 10 Karang Anyar serta melewati Desa Kampung Delima, Desa Kesambe Lama, dan kembali ke Kelurahan Karang Anyar dengan jarak tempuh kurang lebih sebanyak 2 kilometer persegi.

BACA JUGA:

"Dalam momen awal tahun baru Islam 1445 Hijriyah/2023 Masehi ini kami ingin memberikan edukasi kepada anak - anak sejak usia MI bahwa pada tahun baru Islam ini merupakan bagian sejarah Islam yang tentunya harus selalu kita ingat, selain itu juga kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwasanya selain hari - hari besar Islam seperti hari raya Idul fitri dan Idul Adha, umat Islam juga mempunyai hari penting yang harus dirayakan,yakni awal tahun baru Islam," ujar Andika

Dikatakan Andika bahwasanya kegiatan tersebut merupakan suatu agenda rutin yang biasanya pihaknya laksanakan di Madrasah tersebut setiap akhir bulan agar bisa menghilangkan rasa suntuk siswa madrasah tersebut ketika belajar didalam ruangan kelas.

Selain dari itu pada momen peringatan muharram ini untuk mengenalkan kepada siswa dan masyarakat mengenai datangnya tahun baru hijriyah serta mengenang bagaimana sejarah hijrah dan ijtihad Khalifah Umar bin Khattab, saat menjadikan momentum hijrah Rasulullah dari Mekkah ke Madinah sebagai titik awal penanggalan kalender Hijriyah.

"Siapa lagi yang menyebarkan Islam kalau bukan kita selaku umat Islam, melalui momentum ini kami ingin anak - anak MIM 10 Karang Anyar bisa melaksanakan ajaran agama Islam dan selalu menjaganya dan mengamalkan secara bersungguh - sungguh," pungkasnya.

BACA JUGA:

Sumber: