Kemenag RL Gelar Pawai Syiar 1 Muharram

Kemenag RL Gelar Pawai Syiar 1 Muharram

IST/CE Kegiatan pawai taaruf 1 Muharram di salah satu sekolah Rejang Lebong.--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam mensyiarkan peringatan tahun baru Islam  atau lebih dikenal 1 Muharram 1445 Hijriah/2023 Masehi. Kantor kementerian Agama (Kemenag) Bidang Pendidikan Madrasah akan melaksanakan pawai untuk menyemarakkan salah satu hari besar Islam tersebut. 

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa Raudhatul Athfal (RA) kabupaten Rejang lebong pada Jumat (28/7) hari ini.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rejang Lebong, Adrihadi SAg MH menjelaskan adapun yang menjadi jalur pelaksanaan pawai tersebut diantaranya yakni dimulai dari lokasi kantor Kemenag Rejang Lebong hingga finish di kantor BKSDA Rejang Lebong.

BACA JUGA:

"Dalam menyemarakkan awal tahun baru Islam 1445 Hijriyah/2023 Masehi ini kami ingin memberikan edukasi kepada anak - anak sejak usia RA bahwa pada tahun baru Islam ini merupakan bagian sejarah Islam yang tentunya harus selalu kita ingat, selain itu juga kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwasanya selain hari - hari besar Islam seperti hari raya Idul fitri dan Idul Adha, umat Islam juga mempunyai hari penting yang harus dirayakan yakni awal tahun baru Islam," ujar Adri.

Dikatakan Adri melalui momen awal tahun baru Islam, pihaknya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk mengenang bagaimana sejarah hijrah dan ijtihad Khalifah Umar bin Khattab, saat menjadikan momentum hijrah Rasulullah dari Mekkah ke Madinah sebagai titik awal penanggalan kalender Hijriyah.

"Melalui momentum ini kami ingin mengajarkan anak - anak tersebut mengenai sejarah tahun baru Islam serta selalu menjaganya, dan kami ingin memperkenalkan siswa RA tersebut kepada seluruh masyarakat Rejang Lebong," pungkasnya.

BACA JUGA:

Sumber: