Hidup Seribu Tahun Tapi Tak Shalat, Percuma

Hidup Seribu Tahun Tapi Tak Shalat, Percuma

IST/CE Tausiyah Ustad Abdul Somad--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Shalat merupakan ibadah wajib bagi setiap umat Islam, perintah wajib tersebut langsung diturunkan oleh Allah Subhanahu wataala kepada hamba-Nya.

Salah satu firman Allah yang memerintahkan shalat ada pada Surah Al-Baqarah ayat 238. Yang artinya: "Peliharalah semua salat(mu), dan (peliharalah) salat wusthaa (salat lima waktu).

Dalam ceramahnya di channel youtube @Ustadz Abdul Somad Official, da'i asal Pekan Baru itu secara gamblang menjelaskan manfaat shalat sebagai bentuk ketaqwaan umat kepada Allah, karena yang memberi nikmat kehidupan dimuka bumi adalah kuasa sang pencipta.

Manusia hanyalah mahluk cipataan yang dituntut untuk beribadah dan hanya tunduk kepada Allah SWT.

UAS sapaan akrabnya, juga menegaskan bahwa yang utama bagi umat Islam adalah menjaga shalat 5 waktu sehari semalam. 

BACA JUGA:

"Yang dibawa mati hanya sholat," kata Ustadz Abdul Somad.

UAS menegaskan ketika kematian datang menjemput seorang muslim, hal yang pertama di pertanyakan dan dihisab adalah shalat.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, "Aku mendengar Rasulullah bersabda, "Amalan hamba yang pertama kali dihisab hari kiamat adalah sholat, jika sholat itu bagus, dia beruntung dan berhasil, jika cacat dia menyesal dan merugi. Bila sholat wajibnya tidak sempurna, Allah berkata, "Lihatlah apakah hamba-Ku punya amalan sunnah sehingga bisa menutupi amalan wajibnya, dengan demikian tertutup segala amalnya."

Makna shalat itu adalah menjadikan hati tenang, ketika mendapat nikmat menjadikan kita bersyukur dan jika mendapat ujian dengan sholat kita menjadi sabar.

"Walaupun hidup seribu tahun namun tak shalat, hidup itu percuma," tutup Ustadz. 

BACA JUGA:

Sumber: