Jangan Asal Potong Ini Urutan Memotong Kuku Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad

Jangan Asal Potong Ini Urutan Memotong Kuku Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad

IST/CE Ceramah UAH di channel youtube. --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS - Islam merupakan agama yang memperhatikan kebersihan, termasuk kebersihan dalam memotong kuku.

Namun tahukah anda, memotong kuku tidak bisa sembarangan dan memiliki tata cara tersendiri sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam.

Ustadz Adi Hidayat atau UAH dalam channel YouTubenya @Adi Hidayat Official, mengungkapkan bahwa memotong kuku, membersihkan kuku, ataupun merapihkan kuku merupakan bawaan fitrah manusia.

Manusia adalah makhluk yang memiliki akal. "Hingga ia dapat membedakan mana yang bersih dan kotor. Cenderung melihat pada hal yang bersih termasuk fitrah dari manusia," bebernya.

UAH menyebutkan, Al Imam An Nawawi dalam konteks memotong kuku ia mengajarkan bahwa, salah satu sunnah memotong kuku adalah dilakukan di hari jumat.

BACA JUGA:

Dijelaskannya, para ulama sepakat berpendapat bahwa memulai memotong kuku dari jari telunjuk bagian kanan.

"Tentunya tidak lupa untuk membaca basmalah sebelum memulai memotong kuku. Hal tersebut dilakukan untuk menjadikan segala hal yang dilakukan oleh seorang muslim menjadi ibadah," jelas UAH.

Selanjutnya, setelah dari jari telunjuk, melanjutkan pada jari kelingking.

Diikuti dengan jari manis, jari tengah, kemudian ditutup dengan ibu jari.

Berpindah ke jari tangan bagian kiri, dimulai dari kelingking, jari manis, jari tengah, jari telunjuk dan diakhiri ibu jari. Demikian pula untuk jari kaki, sama dengan urutan tersebut.

Menurut Iman At Tsauri dikatakan UAH, termasuk yang dianjurkan adalah mengubur barang yang telah dipotong. Termasuk rambut dan kuku. 

BACA JUGA:

Sumber: