Beberapa Fakta Soal Kabupaten Kepahiang

Beberapa Fakta Soal Kabupaten Kepahiang

--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Kabupaten merupakan kabupaten yang berada di dataran tinggi Pegunungan Bukit Barisan.

Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Rejang Lebong di sebelah utara ini merupakan penghasil buah kluwek, bumbu utama pembuatan rawon, terutama di Hutan Lindung Bukit Daun dan kawasan konservasi Bukit Barisan.

Selain itu diketahui, Kepahiang memiliki luas wilayah yang mencapai 710,11 kilometer persegi.

Pada 2020, jumlah penduduk Kepahiang mencapai 149.737 jiwa. Jumlah persebaran penduduknya tidak merata dan terkonsentrasi di Kecamatan Kepahiang yang merupakan ibu kota kabupaten

Adapun beberapa fakta menarik lainnya dari Kabupaten Kepahiang. Berikut fakta menarik dari Kabupaten Kepahiang.

 

1. Merupakan Ibu Kota Perjuangan

Pada periode 1945--1948, Kepahiang dikenal sebagai ibu kota Kabupaten Rejang Lebong dan menjadi ibu kota perjuangan.

Itu karena Kepahiang menjadi pusat pemerintahan sipil dan seluruh kekuatan perjuangan, yaitu Laskar Rakyat, Badan Perlawanan Rakyat (BTRI dan TKR).

Sewaktu Agresi Militer Belanda Ke II, seluruh kekuatan Kabupaten Rejang Lebong di Kepahiang dimusnahkan oleh Belanda sehingga, pemerintah menumpang di Kota Curup. Sejak saat itu, mulai 1956, Curup ditetapkan sebagai ibu kota Kabupaten Rejang Lebong.

Para tokoh masyarakat Kepahiang terus memperjuangkan agar Kepahiang menjadi ibu kota provinsi dan kota administratif, tetapi tidak berhasil. Akhirnya, sesuai dengan Keputusan Mendagri Nomor 39 Tahun 2003, Kepahiang resmi berdiri sendiri menjadi kabupaten.

BACA JUGA:

 

2. Memiliki Air Terjun Sengkuang

Sumber: