Oleh-oleh Makanan Khas Kepahiang Yang Paling Banyak Diminati Wisatawan

Oleh-oleh Makanan Khas Kepahiang Yang Paling Banyak Diminati Wisatawan

--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang kental akan budaya nya. Kabupaten Kepahiang memiliki sejumlah makanan khas untuk oleh-oleh yang paling banyak diminati, khusunya untuk wisatawan.

Dimana ada satu hal yang membedakan antara daerah ini dengan daerah lainnya, yaitu dari segi bahan baku olahan makanan khasnya.

Bila daerah lain di Bengkulu sebagian besar menggunakan menu seafood, Kabupaten Kepahiang memiliki makanan khas diluar dari bahan baku seafood sesuai dengan keadaan daerahnya di pegunungan.

Berikut daftar makanan khas dari Kepahiang yang bisa dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah.

 

1. Kopi Robusta

Pada tahun 2016 lalu, Kopi Robusta Bengkulu yang asalnya dari perkebunan kopi Kepahiang berhasil masuk ke deretan kopi terbaik dalam Indonesia Cupping Competition yang dinilai oleh 12 juri dari berbagai negara.

Sehingga membuat Kopi Robusta Bengkulu dipasarkan hingga ke mancanegara. Bahkan para wisatawan yang datang dari luar negeri pun, selalu mencari kopi ini saat sedang berlibur ke Bengkulu.

Mulai dari acidity, clean up, sweetness, hingga after taste dari kopi ini benar-benar unik. Berbeda dengan kopi robusta dari Lampung atau dari daerah lain di Sumatera.

Karena kopi ini ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1.400 mdpl dan hasil kopinya akan menghasilkan campuran aroma antara citrus, teh, pisang, hingga lada di dalamnya.

 

2. Keripik Alpukat

Selain sebagai penghasil kopi terbesar di Bengkulu, Kepahiang juga menjadi penghasil alpukat yang cukup besar di Bengkulu.

Salah satu varietas alpukat yang kerap dibudidayakan, yakni alpukat mentega dengan ciri khasnya berupa tekstur yang lebih creamy dan kandungan air yang lebih sedikit.

Sumber: