Kelurahan Karang Anyar Ikuti Lomba Kampung Anti Narkoba

Kelurahan Karang Anyar Ikuti Lomba Kampung Anti Narkoba

Audensi kampung anti narkoba. -Ari/ce-

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COMUpaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dari waktu ke waktu juga turut digalakkan oleh Pemerintah Pusat salah satunya Mabes Polri.

Yang mana Mabes Polri membentuk kampung tanggung narkoba dan akan melombakan kampung-kampung tersebut.

Disampaikan Asisten I Setda Rejang Lebong, Pranoto Majid SH MSi, bahwa satu kelurahan di Rejang Lebong yakni Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur yang telah ditetapkan sebagai kampung tangguh narkoba bakal ikut serta dalam perlombaan yang digelar oleh Mabes Polri melalui Polda Bengkulu.

"Salah satu kelurahan di daerah kita yaitu Karang Anyar itu ikut lomba kampung tangguh narkoba tahun ini di tingkat provinsi," sampainya.

Ia menjelaskan, tujuan dari lomba tersebut adalah mengajak masyarakat pada kampung tersebut agar mau berperang melawan narkoba.

Menurut Pranoto, sebab dalam hal pemberantasan narkoba ini bukan tugas hanya leading sector terkait, tetapi juga harus berkolaborasi dengan elemen-elemen terkait termasuk masyarakat itu sendiri harus ikut berpartisipasi.

"Kalau hanya pihak-pihak terkait saja yang berperang melawan narkoba, maka kekuatannya sedikit. Tapi kalau masyarakat pada kampung itu juga turut serta, mudah-mudahan pemberantasan narkoba memperoleh hasil yang lebih besar," tuturnya.

BACA JUGA:

Berkenaan dengan itu, kata dia, secara prinsip Pemkab Rejang Lebong mendukung program tersebut. Karena peredaran narkoba di tengah-tengah masyarakat memang sudah seharusnya diberantas dan dihilangkan peredarannya.

"Tentu kami Pemkab mensupport ini, seperti yang dikatakan tadi, masalah pemberantasan narkoba ini bukan hanya tugas leading sector aparat hukum saja, tapi perlu berkolaborasi dengan elemen lain termasuk apa yang bisa kami bantu dari pemerintah daerah," terangnya.

Masih dikatakannya, selanjutnya ini akan segera ditindak lanjuti dan mempersiapkan lomba kampung tangguh narkoba itu.

Mulai dari mempersiapkan satgasnya, posnya, kegiatan-kegiatannya, SOP nya dan termasuk juga anggarannya.

"Nah ini harus segera dipersiapkan sebelum akhirnya ikut di perlombakan," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sebetulnya juga sudah ada program sejenis yang digagas langsung oleh Badan Nasional Narkotika (BNN) Pusat yaitu desa bersih narkoba (desa bersinar).

Sumber: