Asal Usul dan Pesona Danau Suro Kepahiang

Asal Usul dan Pesona Danau Suro Kepahiang

Salah satu pengunjung saat mendatangi Danau Suro Kepahiang--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Danau Suro terletak di Desa Suro Ilir yang secara administrasi masuk dalam cakupan wilayah Kecamatan Ujan MAS Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Danau Suro ini berada tidak jauh dari pemukiman warga setempat.

Tak hanya itu, Danau Suro juga menawarkan beberapa hal menarik seperti pemandangan embung dan saung, sehingga cocok untuk mencari ketenangan.

Disampaikan Candra (36) salah seorang warga Suro Ilir Kepahiang, sejak awal tujuan dibangunnya sebuah danau buatan hanya semata-mata demi pengairan dan bendungan pembangkit listrik saja.

Akan tetapi, dengan adanya embung atau waduk yang disebut Danau Suro, saat ini masyarakat menganggapnya sebagai tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Kepahiang.

"Awalnya danau buatan ink hanya untuk bendungan pembangkit listrik PLTA Musi.

Namun, karena keindahan yang dimiliki sekitar danau buatan itu. Saat ini danau buatan itu dikenal sebagai Danau Suro yang menjadi tempat wisata," ujar Candra.

Candra juga menjelaskan, Danau Suro ini disebut sebagai Embung Musi Indah yang memiliki luas selebar 1.800 meter persegi, dan kedalamannya sekitar 4-6 m kubik.

Bahkan dijelaskannya, danau ini merupakan danau yang terbentuk dari lepasan air sungai yang berada di bendungan PLTA Musi.

Dimana pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Musi Bengkulu di bagian hulu Danau Suro, sudah dibuka mulai 2006.

Diresmikan sebagai objek wisata lantaran sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

"Karena banyak dikunjungi wisatawan, Danau Suro diresmikan sebagai salah satu tempat wisata di Kabupaten Kepahiang," terangnya.

 

BACA JUGA:

Sumber: