30 PAUD Ikuti Sosialisasi Juknis DAK Fisik 2023

30 PAUD Ikuti Sosialisasi Juknis DAK Fisik 2023

Aziz/CE Sekdis Dikbud Rejang Lebong membuka sosialisasi Perpres RI nomor 15 tahun 2023 secara resmi. --

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Sebanyak 30 Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Rejang Lebong mengikuti sosialisasi Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 15 tahun 2023.

Peraturan tersebut mengenai petunjuk teknis Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2023/2024 dari pihak Dinas PUPR Rejang Lebong.

Dikatakan Kepala Seksi Sarana Prasarana Bidang Pembina PAUD Dikbud Rejang Lebong, Rachman Di Sos bahwa dalam kegiatan sosialisasi tersebut disampaikan mengenai petunjuk teknis pengajuan DAK fisik. Kemudian kriteria sekolah penerima bantuan dari DAK tersebut berdasarkan hasil input Dapodik sarpras masing - masing sekolah.

"Saat ini kami sedang menyampaikan sosialisasi Perpres RI Nomor 15 Tahun 2023 tentang petunjuk teknis Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2023/2024 untuk bisa dimanfaatkan pihak sekolah dalam perbaikan fisik bangunan sekolahnya," ujar Rachmadi.

BACA JUGA:

Dikatakan Rachmadi melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin menyampaikan kepada pihak sekolah untuk bisa melengkapi dan memperbaiki segala macam laporan kondisi sarana prasarana dalam  Dapodik sekolah.

Ini supaya bisa masuk dalam seleksi pemerintah pusat sebagai penerima DAK fisik tersebut.

"Bantuan DAK fisik tersebut bisa diterima oleh pihak sekolah tergantung dari bobot laporan sarpras dari dapodik sekolah masing - masing yang mana laporan sarpras dari dapodik sekolah tersebut akan disandingkan dengan dengan aplikasi krisna pihak Kementerian Pusat, jika masuk dalam kriteria, maka kemungkinan besar bisa mendapatkannya," jelas Rachmadi.

BACA JUGA:

Rachmadi juga menyampaikan bahwa data sekolah PAUD yang akan menerima DAK fisik tersebut akan bisa diketahui pada akhir semester genap tahun ajaran 2023/2024 mendatang.

Yang mana sekolah tersebut semuanya langsung diseleksi oleh kementerian pusat.

"Insyaallah pada bulan Mei 2024 nanti sudah kita ketahui apakah sekolah PAUD Rejang Lebong bakal mendapatkan DAK tersebut atau tidak, yang pastinya saat ini kita persiapan terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan bantuan perbaikan ataupun perehapan fisik dari bangunan sekolah," pungkasnya. 

Sumber: