Ustadzah Oki : Dalam Hijrah Harus Sabar

Ustadzah Oki : Dalam Hijrah Harus Sabar

Ustazah Oki Setiana Dewi.-ist-

ENTERTAINMENT, CURUPEKSPRESS.COM - Perjalanan hijrah seseorang tentu tidak akan mudah dan mulus. Akan ada banyak rintangan, cobaan, gangguan serta godaan yang selalu datang agar proses hijrah itu goyah.

Dalam ceramah di channel youtube @siramanrohani6795 Ustadzah Oki Setiana Dewi memberikan nasihat kepada siapa saja umat Islam yang ingin hijrah ke arah yang lebih baik.

Ustadzah Oki mengatakan, dalam proses atau perjalanan hijrah haruslah sabar. sabar dibagi menjadi 3, pertama sabar dalam menghadapi ujian Allah, kedua sabar salam menghadapi meninggalkan kemaksiatan dan ketiga sabar dalam melakukan kebaikan-kebaikan.

 

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ (156) 

 

Yang artinya dalam bahasa Indonesia "orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata 'Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un' (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)." (QS. Al Baqarah ayat 156) 

BACA JUGA:

Menurut Ustadzah Oki dalam menafsirkan ayat tersebut, semua yang ada pada dirimu bukan milikmu, hartamu bukan milikmu, kehebatan, ilmumu bukan milikmu, Allah yang berikan itu kepadamu. 

"Kesehatanmu bukan milikmu, Allah juga lah yang memberikan itu kepadamu," tambahnya. 

Sewaktu-waktu Allah bisa mengambil itu semua dari dirimu dalam waktu sekejap, dan kamu harus siap akan hal itu. 

'Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un', bahwa semuanya milikmu ya Allah, ketika engkau ambil itu semua sewaktu-waktu, kami siap ya Allah. 

"Begitulah yang disebut dengan orang-orang yang sabar," demikian Ustadzah Oki.

BACA JUGA:

Sumber: