Waspada Bahaya Bergadang! Kurang Tidur Ternyata Ubah Otak Jadi Lebih Tua

Waspada Bahaya Bergadang! Kurang Tidur Ternyata Ubah Otak Jadi Lebih Tua

ILUSTRASI/NET --

CURUPEKPRESSS.COMSaat kita tidur, tubuh kita tidak hanya beristirahat, tetapi otak kita juga melakukan pekerjaan penting selama waktu tersebut.

Saat kita tidur, otak memproses dan mengkonsolidasikan ingatan, membuang racun, dan menciptakan jalur saraf baru. Jika Anda tidak memberikan cukup waktu pada otak untuk melakukan tugas-tugas ini, fungsi kognitif Anda mungkin menurun.

 

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan otak dan tubuh kita. Kurang tidur atau bergadang secara teratur dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan otak dan mempercepat proses penuaan otak.

Berikut beberapa dampak kurang tidur pada otak:

 

1. Gangguan Kognitif

Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan kognitif seperti konsentrasi, daya ingat, dan pemecahan masalah. Ini bisa membuat Anda merasa kurang fokus dan kurang efisien dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari.

 

2. Peningkatan Risiko Penyakit Neurodegeneratif

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur atau tidur yang tidak cukup dapat meningkatkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

BACA JUGA:

3. Gangguan Mood

Kurang tidur juga dapat memengaruhi suasana hati dan emosi Anda. Orang yang tidur kurang cenderung lebih mudah tersinggung, cemas, dan depresi.

Sumber: