Mengenal Nebula Fenomena Indah Alam Semesta

Mengenal Nebula Fenomena Indah Alam Semesta

--

CURUPEKPRESS.COM - Alam semesta memang memiliki banyak fenomena yang indah yang bisa diamati, contonya saja fenomena nebula. Tapi apa kamu tau apa itu nebula dan bagaimana nebula bisa terbentuk ?.

 

Pengertian Nebula

 

Nebula adalah salah satu dari milyaran objek pada ruang angkasa yang diambil dari bahasa Latin yakni nebule yang berarti awan. Namun meski memiliki arti awan, nebula tidak sama seperti awan yang terlihat di langit bumi. 

Nebula merupakan awan antarbintang yang terdiri dari hidrogen, debu, plasma, helium dan juga gas yang terionisasi lain yang diyakini sebagai tempat pembibitan bintang baru.

Pada awalnya, nebula merupakan nama untuk seluruh objek astronomi yang terlihat menyebar termasuk juga seluruh galaksi di luar galaksi Bima Sakti. Sejak berabad abad yang lalu, manusia beranggapan jiak sebuah galaksi jauh dari pengertian dari nebula.

Karena unsur penyusunnya yang tidak memiliki energi untuk memunculkan cahaya, sehingga diperlukan cahaya bintang agar nebula dapat memantulkan cahaya.

BACA JUGA:

Bagaimana nebula terbentuk

 

Nebula terbentuk karena adanya keruntuhan gravitasi pada bagian medium antar bintang. Keruntuhan gravitasi ini mengakibatkan tarikan gravitasi pada medium antar bintang.

Hal inilah yang menyebabkan terbentuknya gumpalan gas dengan kepadatan yang lebih besar. 

Saat keruntuhan gravitasi terjadi, bintang-bintang baru akan terbentuk di pertengahan nebula. Radiasi ultraviolet dari bintang-bintang baru tersebut akan mengionisasi gas yang ada di sekitarnya. Hal tersebut akan membuat awan antar bintang dapat terlihat.

Sumber: