Mengunjungi Bekas Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto di Mangkurajo, Jauh Dari Perkampungan Warga

 Mengunjungi Bekas Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto di Mangkurajo, Jauh Dari Perkampungan Warga

Jalan menuju desa Mangkurajo Lebong.-ist-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Ternyata lokasi bekas kebun bunga milik Ibu Tien Soeharto yang merupakan istri dari Presiden Republik Indonesia (RI) kedua HM Soeharto berada jauh dari areal permukiman rumah warga. Tepatnya berada di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong.

Dahulunya desa itu masih masuk kedalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong sebelum pemekaran wilayah dilakukan.

Adapun diketahui lokasi persis letak bekas kebun bunga Ibu Tien Soeharto itu berjarak kurang lebih sekitar 7 - 8 kilo meter dari Dusun II tempat kebanyakan warga di daerah tersebut tinggal. Dimana lokasi itu mengarah ke Dusun III Desa Mangkurajo.

Meskipun masih satu kawasan di Mangkurajo, tetapi sangat jarang warga datang berkunjung ke lokasi bekas kebun bunga yang katanya itu bekas Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto. 

Ini dikarenakan memang kawasan Desa Mangkurajo sendiri sangatlah luas, tempatnya jauh dan jarang orang melintas jalan tersebut. 

Keberadaan bunga anggrek yang dahulunya menjadi tanaman bunga favorit Ibu Tien Soeharto di Desa Mangkurajo hampir tidak pernah ditemukan lagi.

BACA JUGA:

Dari penuturan warga yang pernah datang ke lokasi bekas kebun bunga Ibu Tien Soeharto tersebut di Desa Mangkurajo. Sepanjang jalan setapak di area itu tidak terlihat satu pun tanaman bunga maupun jenis anggrek.

Akan tetapi mungkin akan berbeda hal nya ketika masuk lebih dalam ke area hutan yang ada di lokasi bekas kebun bunga Tien Soeharto. 

Diketahui juga memang area yang diceritakan bekas kebun bunga milik Tien Soeharto di Desa Mangkurajo itu saat ini sudah menjadi hutan belantara dan ditumbuhi semak belukar.

Tapi ada juga sebagian kawasan menjadi area perkebunan kopi yang ditanami oleh warga sekitar yang mayoritas warga transmigrasi.

Adapun bekas kebun bunga yang dimiliki ibu Tien Soeharto atau Bu Tien di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong diperkirakan ratusan hektar dalam satu hamparan yang indah. Saking indahnya, apabila waktu sore dan pagi hari di lokasi kebun bunga ini serasa berada di atas awan.

Dituturkan Alex (45) warga Desa Mangkuharjo jika lahan yang pernah menjadi bekas kebun bunga milik keluarga cendana tersebut ratusan hektar. Terlebih lagi jika digabungkan dengan lahan yang lainnya.

Sumber: