Ada Beasiswa Kementerian di Kampus AKREL Curup, Jumlahnya Segini

Ada Beasiswa Kementerian di Kampus AKREL Curup, Jumlahnya Segini

Dok/CE Kegiatan Kampus AKREL Curup --

CURUPEKSPRESS.COM - Kampus Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) berlokasi di Kota Curup saat ini memiliki kuota beasiswa dari Kementerian. Beasiswa tersebut berbentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah yang berasal dari Kementerian berjumlah 26 kuota.

Informasi terhimpun, dari 26 kuota beasiswa itu ada dua kategori mahasiswa untuk penerima beasiswa KIP Kuliah.

Kategori pertama yakni untuk mahasiswa berprestasi penerima KIP Kuliah yang full. Dalam artian full beasiswa ini diberikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) dan juga diberikan uang saku untuk penerima beasiswa KIP Kuliah. Untuk kampus AKREL Curup ini ada 14 kuota yang bisa dimanfaatkan mahasiswanya.

Kemudian untuk kategori full sendiri untuk 14 penerima beasiswa KIP Kuliah. Disini mahasiswa penerima beasiswa akan menerima uang saku sebanyak Rp.800 ribu per bulannya selama 4 semester. Atau selama dalam menjalani pendidikan perkuliahan pada kampus AKREL.

Dengan kata lain kampus AKREL Curup merupakan pendidikan vokasi hanya mengeluarkan lulusan D2 maka, bisa dikatakan mereka difasilitasi beasiswa oleh KIP kuliah hingga lulus.

BACA JUGA:

Namun untuk jumlah UKT nya sendiri pihak kampus AKREL Curup saat ini sedang berdiskusi dan memusyawarahkan berapa besar UKT kampus tersebut pada tahun ini.

Jika berpatokan pada tahun sebelumnya itu sebesar Rp, 500 ribu, namun UKT ini sudah beberapa tahun belum sama sekali ada kenaikan, sehingga sedang dibicarakan ulang oleh pihak kampus.

Jika dalam satu semesternya bisa diperkirakan jika berpatok dengan UKT lama maka, beasiswa yang diterima setiap semesternya Rp.800 ribu X 6 bulan, muncul Rp 4,8 Juta ditambah dengan UKT Rp.500 ribu, maka sekitar Rp.5,3 juta rupiah. Jika dalam 4 semester hingga lulus maka muncul angka Rp.21.200.000 rupiah.

BACA JUGA:

Dengan skema pencairan beasiswa KIP Kuliah ini dilakukan persatu semester.

Sedangkan kategori kedua yakni untuk penerima KIP Kuliah dengan kategori hanya diberikan pembebasan uang UKT saja, mereka ini tidak mendapatkan uang saku. Hingga mereka tamat tidak sama sekali membayar uang UKT tersebut.

Untuk kampus AKREL sendiri pihaknya melakukan pendaftaran sejak September lalu, dengan melakukan seleksi baik berkas ataupun tes wawancara, sesuai yang menjadi syarat untuk menerima beasiswa KIP Kuliah kampus AKREL Curup.

Sumber: