Soal Beasiswa Pemkab, Ini Tanggapan Kampus IAIN

Soal Beasiswa Pemkab, Ini Tanggapan Kampus IAIN

DOK/CE Wakil Rektor III IAIN Curup, Dr. Fakhrudin MPd.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup mengaku beberapa mahasiswanya sudah mendapatkan beasiswa dari Pemkab REJANG LEBONG pada tahun 2022 kemarin.

"Alhamdulillah pada tahun 2022 kemarin, sebanyak 26 siswa kami sudah mendapatkan beasiswa tersebut," ujar Wakil Rektor III IAIN Curup, Dr. Fakhrudin MPd kepada wartawan CE pada Jumat 13 Januari kemarin.

Dr Fakhrudin MPd mengatakan bahwasannya pihaknya sangat mengapresiasi program pemerintahan daerah Kabupaten Rejang Lebong untuk mewujudkan pendidikan gratis tersebut, Hanya saja dalam kesempatan tersebut, Warek III IAIN tersebut memberikan beberapa tanggapan terhadap pelaksanaan program beasiswa tersebut yakni dalam melaksanakan program beasiswa tersebut, hendaknya pihak kampus juga dilibatkan menyeleksi mahasiswa penerima.

BACA JUGA:Mantap.. IAIN Curup Siapkan 1.960 Kuota Mahasiswa

BACA JUGA:Sst.. Dikbud Keluarkan Ini Sebelum Kasus Kemalingan Sekolah

Dan pemerintah harus menentukan apa saja sumber daya manusia yang dibutuhkan daerah kabupaten Rejang Lebong saat ini sehingga kualifikasi pendidikan tersebut yang akan diprioritaskan untuk mendapatkan program tersebut.

"Seharusnya pihak Dikbud RL melibatkan pihak kampus untuk melakukan seleksi penerima program beasiswa tersebut, yang mengerti keadaan dan potensi masing - masing mahasiswa tersebut yang pastinya pihak kampus," ujarnya.

Sementara itu Fakrudin juga mengharapkan bahwasanya seharusnya mahasiswa yang mendapatkan program beasiswa tersebut dilakukan penandatanganan kontrak supaya nantinya adanya suatu bentuk pertanggungjawaban dari mahasiswa tersebut.

BACA JUGA:Beasiswa Rp 1 Miliar untuk Kuliah

BACA JUGA:Astaga.. Seragam Gratis Dinilai Tidak Adil

"Hendaknya pemerintah memberikan beasiswa tersebut kepada mahasiswa secara full supaya tercapai maksud dan tujuannya, dengan catatan Mahasiswa tersebut harus menandatangani kontrak bahwasanya setelah tamat harus mengabdi dan membangun kabupaten Rejang Lebong," terangnya.

Disisi lain Abu sutikno yang merupakan mahasiswa semester 7 jurusan Agribisnis di Kampus Universitas Pat Petulai menyampaikan bahwasanya sejauh ini pihaknya belum mengetahui mengenai program beasiswa Rp 1 miliar persembahan Pemkab tersebut.

Diakui sejauh ini pihaknya hanya mengetahui program beasiswa Bidikmisi dan juga beasiswa dari Dana Desa yang ada di kampusnya saat ini.

BACA JUGA:Berobat Gratis Cukup Tunjukkan KTP, Ini Penjelasan Kadinkes Lebong

Sumber: