Ternyata Shalat Tahajud Tidak Harus Tidur Dulu, Berikut Penjelasannya

Ternyata Shalat Tahajud Tidak Harus Tidur Dulu, Berikut Penjelasannya

Syekh Ali Jaber-Ilustrasi-

 

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Banyak shalat sunah yang dapat dilakukan umat muslim untuk mendapatkan pahala lebih.  Shalat tahajud adalah salah satu jenis shalat sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Tahajud secara bahasa diartikan berupaya melawan atau meninggalkan tidur. Sedangkan secara istilah fiqih tahajud adalah shalat sunnah malam hari yang dilakukan setelah tidur.

Almarhum Syekh Ali Jaber pernah berkata dalam ceramahnya di kanal youtube @saripativirtual1001 tentang shalat tahajud ini.

Tahukan kamu? bahwa untuk mengerjakan shalat tahajud tidak perlu tidur terlebih dahulu.

Syekh Ali mengatakan, shalat tahajud tidak harus 20 rakaat, dua rakaat lalu ditutup dengan witir sudah dianggap shalat tahajud.

Dan tahajud pun shalat malam ini tidak harus tidur terlebih dahulu.

Ada orang berkata, 'harus tidur dulu walaupun hanya tutup mata sebentar lalu dibuka lagi. Ini ilmu baru di Indonesia'.

Saya pernah share sebuah video, ada komentar dari jamaah yang berkata 'saya belajar kalau ingin shalat tahajud harus tidur dulu, walaupun hanya tutup mata sebentar lalu bangun'.

BACA JUGA:

Kembali kepada kemampuan kita, ada yang memang biasa tidur terlebih dahulu, lalu bangun tengah malam, sepertiga malam terakhir itu lebih afdal.

Tapi ada yang tau dirinya, kalau dia tidur terlebih dahulu man bisa dia bangun. 

Sehingga dari pada tidak melaksanakan shalat tahajud malam itu karena ketiduran, mendingan shalat dulu. 

Keutamaan shalat Tahajud disebutkan dalam Al-Quran dan hadits. Salah satu firman Allah Subhanahu wa taala dalam Al-Quran yakni:

Sumber: