Fakta Lain TMII Ide Ibu Tien Soeharto yang Diambil Alih Pemerintah

 Fakta Lain TMII Ide Ibu Tien Soeharto yang Diambil Alih Pemerintah

Screenshot ig @magnificentjakarta salah satu monumen gedung yang ada di TMII.--

 CURUPEKSPRESS.COM - Faktanya, Taman Mini Indonesia Indah TMII dari Yayasan Harapan Kita yang dibentuk oleh Ibu Tien Soeharto istri dari Presiden RI kedua Soeharto. Statusnya kini telah resmi pengelolaannya diambil alih oleh pemerintah.

Pengambil alihan ini sebagaimana telah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII yang diteken Presiden RI saat ini Joko Widodo.

TMII yang ada berdasarkan ide serta gagasan dari Ibu Tien Soeharto sendiri, merupakan suatu kawasan taman wisata yang bertemakan kebudayaan dan kekayaan alam Indonesia yang terletak di Jakarta Timur, yang berdiri di atas lahan kurang lebih seluas 150 hektar.

Pada 13 Maret 1970, gagasan pembangunan TMII yang dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto, pada suatu rapat Yayasan Harapan Kita (YHK) di Jalan Cendana No. 8 Jakarta.

Gagasan yang dilontarkan Ibu Tien Soeharto itu memiliki tujuan untuk dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia serta memperkenalkan Indonesia kepada negara-negara lain di seluruh dunia.

BACA JUGA:

 

Bentuk serta sifat isian proyek TMII adalah berupa bangunan utama bercorak rumah-rumah adat yang dilengkapi dengan pergelaran kesenian, kekayaan flora-fauna, dan benda budaya lain dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Dimana Ibu Tien Soeharto sengaja membuat ide semacam itu, karena kecintaanya yang sangat luar biasa terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ada banyak spot-spot yang terdapat di dalam TMII yang bisa dikunjungi oleh wisatana. Yang diantaranya sebagai berikut.

Pertama, ada Museum Fauna Indonesia "Komodo" dan Taman Reptilia.

Kebun binatang mini ini memiliki ciri khas yang sangat kuat yakni berdiri bangunan patung komodo raksasa.

Di dalamnya, tersedia sebanyak 75 jenis reptil dengan total keseluruhan sebanyak 325 ekor. Kamu bisa melihat seluruh reptil mulai dari area luar museum hingga di dalam gua. Selain kamu mengelilingi gedung untuk melihat komodo raksasa, ada juga beberapa kandang buaya, biawak, kura-kura, dan ular.

Kedua, ada anjungan daerah. Salah satu daya tarik utama TMII ialah miniatur bangunan dan rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Anjungan Daerah.

Sumber: