Ini Kelebihan Siswa yang Mengikuti Pramuka

Ini Kelebihan Siswa yang Mengikuti Pramuka

IST/CE Aktivitas pelatihan pramuka di SDIT KU Rejang Lebong. --

 

PENDIDIKAN,CURUPEKSPRESS - Pramuka (Praja Muda Karana) merupakan sebuah organisasi yang menjadi wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Pramuka sendiri mempunyai Kode - kode kehormatan pramuka, yang sudah tertuang dalam anggaran dasar pramuka.

Adapun kode - kode kehormatan yang terdiri atas satya (janji) dan darma (Moral) Pramuka diantaranya yakni Siaga yang terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma. Penggalang yang terdiri atas atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasa Dharma, Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasa Darma, Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.

Adapun salah satu manfaat pramuka bagi siswa dan pelajar yakni  adalah meningkatkan kepercayaan diri, yang mana siswa akan belajar banyak hal baru yang mungkin tidak mereka ketahui sebelumnya, seperti cara berkemah, berorientasi, berkomunikasi, dan lain-lain sebagainya.

Selain itu juga dalam mengikuti Pramuka siswa memiliki kemampuan dalam memimpin dan mengarahkan serta menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan oleh siswa, karena akan membantu mereka menjadi pribadi yang berpengaruh dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan mengikuti pramuka, siswa akan melatih kemampuan memimpin. 

Dalam mengikuti kegiatan Pramuka dapat melatih kemandirian siswa untuk mengurus diri sendiri tanpa tergantung pada orang lain. Kemandirian sangat penting untuk dimiliki oleh siswa, karena akan membantu mereka menghadapi tantangan hidup di masa depan. Dengan mengikuti pramuka, siswa akan melatih kemandirian mereka.

BACA JUGA:

Misalnya dengan membuat perencanaan, mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Membentuk pribadi yang baik dari setiap siswa, kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan etika yang berlaku di masyarakat, untuk  membantu mereka menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain,memiliki rasa tanggung jawab, tolong-menolong, setia kawan, jujur, disiplin, dan berani. 

Kegiatan Pramuka juga akan berperan dalam membentuk rasa cinta tanah air dan bangsa adalah perasaan bangga dan sayang terhadap negara dan rakyat Indonesia, dan akan membantu mereka menjadi warga negara yang loyal dan patriotik.

Siswa akan mengajarkan rasa cinta tanah air dan bangsa, misalnya dengan menghormati lambang-lambang negara, mengikuti upacara bendera, menyanyikan lagu-lagu nasional, atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial. 

Sumber: