Sejarah Bumi Perkemahan Cibubur Sempat Berganti Nama

Sejarah Bumi Perkemahan Cibubur Sempat Berganti Nama

monumen bumi perkemahan.--

 

NASIONAL,CURUPEKSPRESS - Apakah kalian tau jika bumi perkemahan Pramuka di Cibubur sebelumnya sempat berganti nama. Awal ceritanya bermula saat Presiden Soeharto selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka kala itu.

Tepatnya pada tahun 1997 sempat mengantikan nama Bumi Perkemahan di Cibubur yang dikenal dengan Bumi Perkemahan Wiladatika tersebut menjadi Bumi Perkemahan Pramuka Ibu Tien Soeharto. Penggantian nama tersebut dilakukan pada acara Raimuna Nasional VII pada 1 - 10 Juli 1997. 

Penggantian nama tersebut merupakan bentuk dukungan kepada Ibu Tien Soeharto yang telah memberikan dukungan penuh kepada Pramuka Indonesia kala itu. Kalla itu juga yang menjabat sebagai Waka Kwarnas Gerakan Pramuka pada masa bakti 1970 - 1993, 

BACA JUGA:Bumi Perkemahan Cibubur, Bentuk Penghargaan Kepada Tien Soeharto

BACA JUGA:Gagasan Tien Soeharto Soal Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur

Bahkan Keberadaan bumi perkemahan Cibubur tidak lepas dari peran Ibu Negara Tien Soeharto, yang semula lokasi tersebut merupakan hamparan kebun karet. Namun karena inisiatif wanita yang memiliki nama lengkap Raden Ayu Siti Hartinah tersebut atau Tien Soeharto tersebut.

Kemudian lahan seluas 210 hektare dibangun menjadi Bumi Perkemahan Cibubur, tempat di mana perhelatan akbar Jambore Nasional pertamakali digelar yang dikuti oleh perserta kurang lebih sebanyak 12.000 orang peserta Pramuka dari seluruh Indonesia dan juga perwakilan pramuka dari negera - negara tentangga lainya seperti Hongkong, Taiwan, Filipina, Australia, Singapura  dan Pakistan yang berlangsung 16 hingga 22 April 1973 lalu.

Sumber: