Rahasia Publik Speaking Najwa Shihab, Cara Ini Bisa Anda Terapkan

Rahasia Publik Speaking Najwa Shihab, Cara Ini Bisa Anda Terapkan

NAJWA SHIHAB-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM – Publik speaking merupakan proses komunikasi yang dilakukan didepan khalayak ramai. Tentunya sebagian orang sudah mengetahui ap aitu public speaking.

Salah wanita Indonesia yang pantut untuk Anda ikuti tiknik publik speakingnya adalah Najwa Shihab, yang terkenal dengan gaya bicaranya dan tidak sedikitpun ada rasa takut di dirinya untuk berbicara depan siapapun. Hal ini terbukti bahwa Najwa Shihab patut dijadikan contoh dalam melatih public speaking.

Berbicara depan khalayak ramai atau di depan umum merupakan hal yang tidak mudah terkadang dilakukan oleh sebagian besar orang. Masih banyak orang-orang yang ragu dan malu saat mereka disuruh berbicara di depan khalyak ramai.

Sebenarnya kemapuan public speaking ini dapat dipejari, dengan belajar public speaking sangat diperlukan untuk membantu kelancaran saat Anda presentasi atau apapun itu berkaitan dengan berbicara di depan umum.

Mengapa public speakiang sangat penting untuk Anda kuasasi karena nantinya akan berguna untuk Anda dimasa yang akan datang.Anda bisa menggunakannya dalam memimpin rapat, memberikan pelatihan dan masih banyak kegunaanya.

Agar public speaking Anda berjalan lancar tapa adanya rasa malu dan grogi melihat orang banyak. Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

BACA JUGA:

1. Bicara secara perlahan

Ketika Anda merasa gugup dalam merlakukan publik speaking sebaiknya Anda menurunkan kecepatan saat berbicara atau bicara dengan intonasi yang perlahan namun jelas artinya. Terkadang Anda jika sedang gugp sering melakukan kecepatan dalam berbicara sehingga tidak terdengar jelas apa yang Anda sampaikan kepada audiens.

Maka dari itu berlatihlah untuk berbicara secara perlahan supaya materi yang Anda sampaikan didengar oleh audiens sehingga mudah dipahami. Selain itu Anda sangat perlu belajar artikulasi yang jelas. Jika saat berbicara kamu gugup maka berhenti sejenak lalu Anda bisa menarik napas panjang, kemudian lanjutkan persentasi Anda.

2. Berbicara di depan cermin

Melancarkan kemmapuan public speaking bisa dengan berbicara di cermin, car aini dinilai bisa mampu meningkatkan kepercyaan diri Anda dalam kemampuan public speaking.

Namun jika kamu belum siap untuk mempraktekkannya di depan umum, Anda bisa melatihnya dengan berbicara di depan cermin, dengan menggangap cermin itu sebagai orang banyak yang siap mendengarkan apa yang Anda sampaikan.

3. Komunikasi dua arah

Buatlah komunikasi dua arah dengan saling menjawab satu sama lain, agar kedua pihak mendapatkan informasi yang setimpal. Hal ini juga berlaku ketika berbicara dengan orang banyak, kamu bisa lemparkan pertanyaan untuk topik pembahasan kepada audiensnya. 

BACA JUGA:

4. Mengalihkan perhatikan

Anda juga bisa lakukan cara ini saat berbicara depan khalayak ramai dengan mengalihkan perhatian seperti contohnya menggerakan bagian tubuh jari jempol atau menekan jari jempol, hal ini bertujuan supaya tidak merasa grogi dan perhatian Anda teralihkan.

5. Kuasai materi

Hal ini merupakan ynag sangat penting dengan Anda menguasai materi saat bicara didepan khalayak umum Anda akan sedikit percaya diri bahwa apa yang Anda sampaikan itu. 

Usahakan saat menyampaiakn materi itu menggunakan bahasa sendiri sehingga tidak terbata-bata dan audiens mengerti apa yang anda sampaikan.

Sumber: