Biasakan Mengucap Alhamdulillah Dalam Setiap Keadaan

Biasakan Mengucap Alhamdulillah Dalam Setiap Keadaan

Ali Jabeer.-ist-

 

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Terkadang, kata-kata syukur itu dibutuhkan untuk diri sendiri. Ini berguna untuk menyadarkan hati bahwa ada banyak sekali hal di sekeliling yang patut untuk diapresiasi.

Tidak melulu tentang hal-hal yang besar mewah dan mahal. Namun hal-hal yang kecil, biasa, dan sederhana pun patut untuk disyukuri.

Terlebih lagi dalam ajaran Islam, setiap umatnya diajarkan agar senantiasa bersyukur kepada Allah dalam setiap keadaan.

Hal ini dipertegas oleh mendiang Syekh Ali Jaber dalam tausiyahnya di kanal youtube resminya @Yayasan Syekh Ali Jaber yang mengajak jamaah dan seluruh umat muslim untuk dapat membiasakan Alhamdulillah dalam setiap keadaan.

Misalnya terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita, tetap syukuri itu dengan mengucap kalimat Alhamdulillah.

Kalau ingin lebih lengkap lagi Alhamdulillah ala kulli hal. Tapi apabila terjadi sesuatu yang itu sesuai dengan keinginan kita, harapan kita dan yang memang kita kehendaki, maka ucapkan Alhamdulillah alladzi bini'matihi tatimmush shalihat.

Nikmat Allah terhadap umat manusia itu sangat banyak dan beraneka ragam jenisnya.

Misalnya ada yang bersifat jasmani, ada yang bersifat rohani, ada yang terdapat dalam diri manusia sendiri, ada yang terdapat di luar diri manusia.

Pertama nikmat yang bersifat jasmani antara lain seperti bentuk tubuh manusia yang paling baik diantara makhluk lainnya, panca indra, anggota badan, bumi langit, makanan dan minuman.

BACA JUGA:Nasihat Almarhum Syekh Ali Jaber : Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Kematian Tiba

Kedua nikmat yang bersifat rohani diantaranya  roh, akal, perasaan, bahasa, ilmu pengetahuan, iman dan Islam.

Allah Subhanahu wa taala berfirman dalam Al-Quran Surah Ibrahim ayat 34 sebagai berikut:

 

Sumber: