Fakta Kulit Buah Manggis! Selain Obat Diabetes Ternyata Kulit Manggis Banyak Khasiatnya

Fakta Kulit Buah Manggis! Selain Obat Diabetes Ternyata Kulit Manggis Banyak Khasiatnya

ilustrasi-ist-

HEALT, CURUPEKSPRESS.COM – Buah manggis merupakan buah tropis yang menawarkan sejumlah manfaat tidak hanya rasa daging buahnya yang nikmat ternyata kulit buah manggis juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Manfaat kulit manggis untuk Kesehatan sangat beragam, mulai dari mengurangi peradaran hingga mengencangkan kulit.

Ini dikarenakan ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam kulit buah manggis, termasuk antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Jika ditanya mengapa kulit buah manggis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena dalam kulit buah ini terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin C, magnesium, dan serat. Selain itu, kulit manggis juga memuat antioksidan, seperti xanthone yang memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antijamur.

Karena itulah alasannya buah ini telah lama digunakan untuk obat tradisional di beberapa daerah karena dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya kulitnya, bagian-bagian dari buah manggis lainnya juga nyatanya dimanfaatkan. Contohnya, daging buah, daun, hingga kulit akar manggis. 

Masyarakat dulu menggunakan kulit buah manggis sebagai obat tradisional karena dipercaya mampu mengencerkan dahak, mengobati radang kandung kemih (Cystitis), mengatasi diare, disentri, demam, dan pengobatan untuk penyakit kulit seperti eksim dan pruritus.

Begitu populer sebagai obat herbal. Hal ini berkaitan dengan manfaatnya yang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bahkan, berbagai produk kulit manggis dapat ditemukan dengan mudah dijual di pasar.

Berikut ini manfaat dari kulit buah manggis selain bisa digunkan sebagai obat diabetes.

BACA JUGA:

1. Mencegah Risiko Kanker

 

Manfaat kulit manggis yang pertama yaitu dapat mencegah risiko kanker.

Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang sudah memiliki kanker.

Tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker. Namun bukan berarti ekstrak kulit manggis dapat membunuh sel kanker sepenuhnya.

Kulit manggis dapat dijadikan suplemen makanan disamping pengobatan kanker lainnya tetap dijalani.

 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Kulit manggis terdapat kandungan vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh bertemu dengan agen infeksi, sehingga seseorang tidak akan mudah sakit.

Kulit manggis juga baik untuk dikonsumsi oleh orang sakit. Hal ini karena salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan adalah mempercepat proses penyembuhan. 

BACA JUGA:

3. Mengurangi Peradangan

 

Ekstrak kulit manggis juga mengandung senyawa xanthone yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Senyawa ini yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri sendi dan masalah pencernaan.

 

4. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur 

 

Salain mengurangi peradangan ada juga manfaat ekstrak kulit manggis dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gangguan tidur, seperti insomnia.

Senyawa xanthone dalam kulit manggis diyakini dapat membantu meningkatkan rasa nyaman dan tenang.

BACA JUGA:

5. Menjaga Kesehatan Kulit 

 

Ekstrak kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Senyawa ini juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, dan meningkatkan produksi kolagen.

Sumber: