Ternyata Ini Bahaya Penyakit Vertigo dan Bagaimana Mengatasinya, Simak Penjelasannya!

Ternyata Ini Bahaya Penyakit Vertigo dan Bagaimana Mengatasinya, Simak Penjelasannya!

vertigo-ist-

 

HEALT, CURUPEKSPRESS.COM – Vertigo merupakan kondisi di mana Anda mengalami pusing dan merasakan bahwa lingkungan atau benda-benda yang ada di sekitarnya bergerak, melayang, dan seolah-olah berputar. Dalam kondisi ini biasanya penderita akan mengalami hilangnya keseimbangan.

Sehingga untuk sekadar berdiri atau berjalan saja sangat sulit dilakukan. Selain itu, penderita juga akan merasakan bahwa bagian kepalanya akan terasa sakit, pusing, dan bahkan disertai dengan rasa mual dan ingin muntah. 

Walaupun sering disebabkan oleh stres dan bisa membaik dengan sendirinya, vertigo bisa saja muncul oleh penyakit tertentu. Bahaya vertigo tergantung pada penyebabnya, misalnya karena masalah di telinga bagian dalam atau gangguan otak.

Apakah Anda pernah mengalami kondisi ini yang mana benda-benda di sekitar Anda terasa seperti berputar mengelilingi Anda, tubuh terasa limbung, keseimbangan terganggu, bahkan terasa mual? Mungkin Anda berpikir bahwa Anda mengalami pusing. Tetapi kondisi seperti yang disebutkan di atas lebih mengacu ke kondisi yang disebut dengan vertigo. Vertigo disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun sudahkah Anda tahu bahwa vertigo bukanlah penyakit? Ya, vertigo bukanlah penyakit melainkan gejala yang menyertai suatu penyakit.

BACA JUGA:Waspada, Gejala Vertigo yang Paling Sering Dirasakan. Beda dengan Sakit Kepala Biasa

Berikut ini bahaya vertigo yang harus Anda ketahui.

1. Meningkatkan Risiko Kecelakaan

Vertigo bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa peringatan. Sehingga bisa mengganggu aktivitas seperti menyetir, menjalankan mesin berat, dan memanjat perlu dihindarkan. Pasalnya, bila episode vertigo terjadi dan kamu sedang melakukan aktivitas tersebut, risiko kecelakaan besar terjadi.

Lantas, apakah efek bahaya akibat vertigo berulang ini bisa menyebabkan kematian? Pada beberapa kasus, vertigo yang menimbulkan kecelakaan hebat bisa menyebabkan kematian, terutama jika ada kerusakan pada organ-organ vital.

2. Mengganggu Pendengaran

Jika vertigo disebabkan oleh gangguan pada organ keseimbangan yang ada di telinga, kambuhnya vertigo bisa disertai gangguan pendengaran, seperti contohnya telinga berdenging, penurunan kemampuan mendengar, bahkan hilangnya pendengaran.

3. Cacat Permanen

Vertigo juga dapat menyebabkan kecacatan permanen dan bahkan mengancam nyawa. Beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh yakni memiliki penglihatan ganda, kesulitan berbicara/cadel, mati rasa pada wajah, kecanggungan, hingga terjatuh. Salah satu hal yang perlu diketahui, vertigo bukan penyakit berbahaya, melainkan kondisi tubuh yang sedang mengalami beberapa gejala dari sebuah penyakit yang diderita. Akan tetapi, kita juga harus waspada terhadap efek sampingnya.

Sumber: