Mengapa Cicak Banyak Di Rumah Anda? Berikut Alasannya dan Tips Usir Cicak Di Rumah Waktu Malam Hari

Mengapa Cicak Banyak Di Rumah Anda? Berikut Alasannya dan Tips Usir Cicak Di Rumah Waktu Malam Hari

ilustrasi cicak.-ist-

 

NASIONAL, CURUPEKSPRESS,COM - Cicak adalah salah satu hewan yang paling mudah ditemui di dalam rumah, apalagi pada waktu malam hari. Meski kerap tidak menggigit dan mengganggu, kehadiran cicak kerap membuat penghuni rumah merasa rishi, karena pergerakkannya.

Oleh karena itu, banyak orang ingin mengusir cicak dari rumahnya. Pergerakan cicak yang dapat merangkak ke dinding atau bahkan ke langit-langit pun kerap membuat waswas, terutama di area ruang makan.

Dikarenakan cicak terkadang mengeluarkan kotoran yang sangat bauk dan bisa membekas di tembok atau mengotori perabotan. Cicak juga dapat berkeliaran di area dapur dan mencicipi makanan.

Keberadaan cicak di dalam rumah akan mengganggu penghuni rumah, terutama bagi mereka yang jijik terhadap hewan tersebut. Cicak sendiripun biasanya tertarik untuk masuk ke dalam rumah karena beberapa alasan. Cicak biasanya masuk karena ada sisa-sisa makanan, baik itu di tempat sampah maupun makanan yang tergeletak jatuh di lantai. Selain itu, cicak juga termasuk hewan yang tidak mampu mengatur suhu tubuh, oleh karena itu cicak kerap mencari tempat yang hangat.

Kebersihan rumah adalah hal utama yang perlu diperhatikan dan tentunya sangat penting untuk dijaga lantaran cicak suka bersembunyi di area dengan banyak barang tertumpuk. Cicak juga dapat masuk ke rumah karena ingin mencari air untuk menjaga metabolisme tubuh.

Selain itu, cicak juga bisa menyebarkan bakteri dan kuman saat berkeliaran di dapur dan memakan makanan manusia. Cicak juga kerap mengotori sudut rumah dengan kotoran dan telurnya. Jika sudah seperti itu, Anda harus segera membasmi cicak agar rumah kembali bersih dan sehat.

BACA JUGA:Mengapa Kucing Dianggap Hewan Peliharaan yang Luar Biasa?

BACA JUGA:Mengenal Kucing Busok, Kucing Ras Asli Indonesia

Berikut ini cara mengusir cicak saat dalam rumah yang bisa Anda terapkan.

1. Atur Suhu Ruangan

Sebagai hewan yang tidak dapat mengatur suhu tubuh, cicak sering sekali mencari ruangan bersuhu hangat. Oleh karena itu, suhu  ruangan yang tidak dingin dapat membuat cicak masuk. Suhu yang dinilai efektif untuk mengusir cicak adalah 22 derajat celcius.

2. Letak Kapur Barus atau Kamper 

Anda bisa menggunakan kapur barus karena ampuh mengusir cicak dan serangga dikarenakan baunya yang menyengat. Caranya cukup letakkan di sudut-sudut rumah atau lokasi yang sering dilewati cicak. Namun harus diperhatikan agar jangan sampai tertelan anak-anak atau hewan peliharaan.

Sumber: