4 Sifat Rasul Yang Perlu Kita Tauladani ,Umat Muslim Wajib Tau!!!

4 Sifat Rasul  Yang Perlu Kita Tauladani ,Umat Muslim Wajib Tau!!!

ilustrasi-ist-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Sifat-sifat wajib rasul adalah ciri-ciri atau karakteristik yang harus dimiliki oleh para rasul dalam agama Islam.

Sifat-sifat wajib rasul ini merupakan pedoman penting dalam Islam untuk memastikan bahwa para rasul dapat menjalankan tugas kenabian mereka dengan baik dan memberikan panduan yang benar kepada umat manusia

BACA JUGA:Syekh Ali Jaber : Kenalilah Siapa Nabi Muhammad

Berikut adalah beberapa sifat-sifat wajib rasul:

 

1. Shiddiq

Shiddiq memiliki arti benar. Maksudnya ialah, setiap ucapan para Rasul sudah pasti bersifat benar. Baik itu wahyu yang diturunkan kepadaNya, maupun hal-hal yang berkaitan dengan persoalan dunia, sudah pasti bersifat benar.

Sifat wajib Rasul ini telah dijelaskan dalam kitab suci Al-Quran. Tepatnya pada surah Maryam ayat 41

وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ اِبْرٰهِيْمَ ەۗ اِنَّهٗ كَانَ صِدِّيْقًا نَّبِيًّا

Artinya, “Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Kitab (Al-Qur’an), sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan, seorang Nabi.”

BACA JUGA:Kisah Kaum Sodom Zaman Nabi Luth

2 . Amanah

Amanah sifat wajib rasul yang berrti dapat dipercaya. untuk menjaga kepercayaan umat atas dirinya, Rasul senantiasa menjaga dirinya dari perbuatan yang berkaitan dengan dosa.

Fakta bahwasanya Rasul bersifat amanah, telah dibuktikan melalui terjemahan surah an-Nisa ayat 58. Oleh karenanya, mustahil rasanya seorang Rasul dapat berbuat khianat.

Sumber: