Cara Jitu Mengatasi Anak yang Kecanduan Handphone

Cara Jitu Mengatasi Anak yang Kecanduan Handphone

sumber ss on pinters ilustrasi mengatasi anak kecanduan handphone--

ENTERTAIMENT,CURUPEKSPRESS.COM -  hampir seluruh masyarakat Indonesia mempunyai handphone, tak hanya orang dewasa anak-anak juga sudah mahir menggunakan handphone. Handphone memilki banyak manfaat namun juga banyak memberi efek negatif khususnya bagi anak-anak.

Kecanduan gadget yang diikuti gaya hidup tidak sehat, Malas, tidak memperdulikan orang lain, ngemil berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan tidur hingga larut malam, akan meningkatkan risiko anak terkena obesitas dan membuat anak malas untuk belajar, hingga bisa menyebabkan penyakit jantung jika terlalu sering menggunakan handphone.

Anak juga susah mengontrol emosinya saat menggunakan handpnone, pada saat handphone nya di ambil Anak akan marah hal ini akan membentuk pribadi yang tidak bagi Anak.

BACA JUGA:Tips Menjadikan Anak-Anak Berprestasi di Sekolah

Berikut cara mengatasi anak yang kecanduan bermain handphone. 

 

1. Batasi Anak Saat Bermain Handphone

Pertama, membatasi anak saat bermain handphone merupakan cara yang efektif. Anda bisa menentukan durasi anak untuk bermain handphone 1 jam sehari.

Karena jika terlalu lama menggunakan handphone banyak efek negatif yang akan di terima oleh anak. Dalam membatasi anak orang tua harus tegas.

Sebaiknya ajarkan anak untuk meminta izin terlebih dahulu saat ingin menggunakan handphone. Dengan demikian anda bisa membatasi anak saat bermain handphone. 

BACA JUGA:Dampak Perkembangan Positif Bermain Game untuk Anak

2. Awasi Anak Saat Bermain Handphone

Selanjutnya, mengawasi anak saat bermain handphone sangatlah penting. Karena handphone yang semakin canggih apa saja bisa di temukan di handphone, hal itu akan memberi efek negatif.

Seperti anak-anak akan mengakses fornografi, kekerasan, atau tindakan lain yang memberikan efek negatif.

Sumber: