9 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Bengkulu

9 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Bengkulu

Screnshoot majid tertua di Indonesia.-istimewa-

NASIONAL, CURUPEKPRESS.COM – Masjid sebagai tempat beribadah bagi umat muslim di seluruh penjuru. Indonesia sebagai salah satu Negara dengan mayoritas penduduknya merupakan umat islam.

Masjid di Indonesia dibangun dengan beragam desain dan kemegahan yang dimiliki selalu berhasil membuat kita mengucapkan rasa decak kagum.

Baik dari sabang sampai merauke, tiap daerah punya ciri khas sendiri dalam pembangunan masjidnya. Baik pulau sumatera, jawa, dan Kalimantan. Mari kita bahas salah satunya, deretan masjid tertua yaitu di  pulau Sumatera ;

 

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini menjadi peninggalan kerajaan Aceh yang diberi simbol sebagai Agama, Budaya, dan Perjuangan Masyarakat di Aceh. 

Masjid ini juga pernah menjadi saksi bagaimana kerajaan Aceh, dimana markas pertahanannya ada disini. Bahkan masjid ini sempat mengalami kebakaran pada 10 April 1873. Masjid ini dibangun pada 1612 M oleh Sultan Iskandar Muda

BACA JUGA:Dibalik Megahnya Masjid At-tin di Komplek TMII yang Didedikasikan untuk Tien Soeharto

2. Masjid Tua Indrapuri

Masjid ini merupakan bekas peninggalan dari Kerajaan Lamuri yang dulunya berdiri Candi dan Istana. Bangunan dengan luas 33,875 meter2 yang dibangun kurang lebih pada abad ke-12.

Terletak di Desa Keude, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. Berdirinya masjid ini sejak Kesultanan Aceh dengan pimpinannya bernama Sultan Iskandar Muda yang juga sekaligus pemilik kompeks berdirinya masjid.

BACA JUGA:Arsitektur Masjid Raya Padang (Sumatera Barat) yang Memukau

3. Masjid Asal Penampaan

Berdiri pada 1282M yang dibangun diatas tanah warga kampong penampaan tepatnya di Dusun Muleng, Kampung Penampaan, Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues.

Sumber: