9 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Bengkulu

9 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Bengkulu

Screnshoot majid tertua di Indonesia.-istimewa-

Berdasarkan Kemenag Aceh mengatakan bahwa masjid ini didirikan oleh para pemuka agama, yaitu ; Datok Masjid, Syekh Siti Mulia, Syekh Said Ibrahim, Syekh Said Ahmad dan beberapa syekh maupun datok lainnya.

BACA JUGA:Keinginan Membangun Masjid Megah Ternyata Terucap Saat Tien Soeharto Berada di Mekkah

4. Masjid Al Jihad

Dibangun sejak 1918 M, ini merupakan salah satu masjid yang dapat anda temui di Bengkulu yang bertepat di Desa Pasar Talo, Kecamatan Ilir, Kabupaten Seluma. Sengan arsitektur khas Sumatra barat oleh perantau bernama H.Muhammad Ta’ib.

BACA JUGA:Pembangunan Masjid Al-Ammar Dimulai, Bupati Pimpin Peletakan Batu Pertama, Ini Pesan Bupati..

5. Masjid Agung Palembang

Hampir sama dengan masjid sebelumnya, masjid ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Palembang. Masjid ini sebelumnya bernama Masjid Sultan dengan pembangunannya tanpa menara.

Didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jaya Wikarno dengan  masa pembangunannya dari tahun 1738 hingga 1748. Lokasi terletak tak jauh dari jembatan ampera.

 

6. Masjid Jami’ Al- Anwar

Masjid yang telah digunakan selama 180 tahun lamanya yang mana didirikan pada 1839 M. lokasinya berada di Jalan Laksamana Malahayati nomor 100 Kelurahan Kangkung, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung.

Yang dibangun oleh ulama bernama Puang Haji Muhammad Soleh Bin Karaeng. Bila anda ingin ke masjid ini maka anda tidak jauh dari toko oleh oleh khas lampung.

 

7. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid dengan luas 150 meter persegi ini didirikan pada tahun 1599. Dengan namanya Masjid Tuo Kayu Jao di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Sumber: