Mengatasi Masalah Ngorok dengan Solusi Sederhana

Mengatasi Masalah Ngorok dengan Solusi Sederhana

ILUSTRASI/NET.-Ilustrasi-

NASIONAL,CURUPEKSPRESS.COM - Tidur  nyenyak sangat diinginkan setiap orang ketika malam tiba. Sayangnya, mendengkur atau ngorok bisa menjadi gangguan tidur  bagi anda ataupun pasangan.

Ngorok dapat berdampak negatif pada kualitas tidur, hal ini dapat membuat merasa lelah dan tidak segar saat bangun di pagi hari. Sebelum memahami cara mengatasi ngorok, penting untuk mengetahui penyebabnya.

Ngorok terjadi ketika sirkulasi udara terbatas pada saat tertidur. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain otot tenggorokan yang mengendur, hidung tersumbat, dan posisi tidur tertentu. 

Berikut  beberapa solusi sederhana yang dapat dengan mudah mengatasi masalah mendengkur saat tidur.

1. Perhatikan Postur Tidur Anda:

Posisi tidur bisa jadi hal yang mempengarui ngorok. Cobalah ubah posisi tidur menjadi miring dan hindari tidur dengan posisi telentang.

Posisi tidur miring sebelah bisa membantu aliran udara menjadi lancar

BACA JUGA:

2. Jaga Berat Badan yang Sehat:

Jika mengalami kelebihan berat badan, penurunan berat badan bisa mengurangi ngorok saat tertidur. Obesitas dapat menyebabkan leher lebih berisi, sehingga dapat memberikan tekanan pada saluran udara.

 

3. Hindari Alkohol dan Merokok:

Alkohol dan merokok bisa merelaksasi otot tenggorokan yang menyebabkan ngorok. Hindari mengkonsumsi alkohol dan hentikan kebiasaan merokok agar dapat mengurangi ngorok.

 

4. Coba Teknik Bernapas:

Beberapa teknik pernapasan seperti yoga dan latihan pernapasan bisa membantu memperkuat otot pernapasan dan mengurangi ngorok saat tidur.

BACA JUGA:

5. Penggunaan Bantal Khusus:

Bantal ortopedi atau bantal yang dibuat secara khusus untuk mengurangi ngorok bisa membantu dalam mengatasi hal ini. Ngorok mungkin memang  merupakan masalah umum, tetapi jika diatasi dengan solusi yang tepat bisa mengatasi gangguan saat tiduri.

Terkadang tidak ada solusi yang selalu cocok untuk semua orang, cobalah bereksperimen dengan berbagai cara agar menemukan yang paling efektif.

Dengan tidur yang lebih nyenyak akan merasa lebih segar dan siap ketika terbangun untuk menghadapi hari baru.

Sumber: