Sering Dibuang, Ternyata Bagian Kulit Buah dan Sayur Ini Memiliki Banyak Manfaat

 Sering Dibuang, Ternyata Bagian Kulit Buah dan Sayur Ini Memiliki Banyak Manfaat

sumber on pinteres ilustrasi kulit buah yang memiliki banyak manfaat--

HEALTH, CURUPEKPRESS.COM - Sebagian orang pada saat mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran pasti ada beberapa makanan yang menyisahkan sisa. Biasanya sisa makanan ini berupa kulit, biji, dan lain sebagainya kita buang. Dan jika kita menkonsumsi buah atau sayur hanya mengambil isinya saja dan membuang sisa kulit. Karena berfikir sisa kulit tidak berguna dan tidak memiliki manfaat.

Namun, sebagian makanan bisa dimanfaatkan seperti kulit pada buah mapun sayur. Kulit pada buah dan sayur pasti memiliki manfaat besar yang jarang orang ketahui. So, dari pada anda membuangnya lebih baik di manfaatkan menjadi suatu hal misalnya, Sebagai pakan ternak, diolah menjadi sebuah makanan, pupuk untuk sayur, dan juga sebagai alat kecantikan.

Berikut manfaat kulit buah dan sayur yang memilki banyak manfaat:

1. Kulit Pisang

Kulit yang sering kali dibuang adalah kulit pisang. Sebagian orang pasti membuang kulit pisang dan hanya mengkonsumsi dagingnya saja. Ternyata, kulitpisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan untuk kecantikan. Manfaat kulit pisang lainnya adalah untuk memutihkan gigi.

Cara pengoprasiannya sangatlah mudah, cukup dengan menggosokkan sanagatlah mudah dengan menggosokkan kulit bagian dalam ke gigi secara teratur, setelah itu anada akan melihat hasilnya. Banyak manfaat lain dari kulit pisang untuk kesehatan seperti, mampu menghilangkan kutil, jerawat, kulit keriput dan lain sebagainya. Konon, dipercaya masyarakat kulit pisnag mampu memudarkan bekas luka yang sulit hilang namun kulit pisang yang di maksud adalah kulit pisang emas.

BACA JUGA:Buah-Buahan Terbaik dan Efektif untuk Meredakan Radang Tenggorokan

2. Kulit Manggis

Kulit buah yang sering di buang selanjutnya ialah kulit manggis. Kebanyakan orng tidak tahu bahwa kulit menggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kulit manggis mengandung bahan aktif di dalamnya seperti, xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin. Xanthone sendiri adalah senyawa aktif yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Sejumlah senyawa aktif tersebut dapat menunjang kesehatan tubuh dan dapat mengatasi berbagai ganguan penyakit seperti, menambah kekebalan tubuh, mencegah tumbuhnya kangker, dan menurunkan kadar gula darah. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus lalu di blender.

3. Kulit Semangka

Kulit buah selanjutnya yang sering dibuang yaitu kulit buah semangka, masih sangat jarang di ketahui orang kulit semangka memiliki segudang manfaat yang tak kalah dengan manfaat buahnya. Manfaat kulit semangka tak hanya untuk kesehatan saja bahkan bisa di manfaaatkan untuk kecantikan. Kulit semangka mampu mengurangi tekanan darah, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah penyakit kronis dan lain sebagainya. Anda bisa mengolahnya dengan memblender atau memakan langsung kulit semangka, dengan cacatan membersihkannya terlebih dahulu.

4. Kulit Bawang Putih

Kulit sayur yang sering di buang selanjutnya yaitu kulit bawang putih. Kulit bawang putih mengandung banyak antioksida. Kulit bawang putih juga mengandung quercetin yang merupakan slaah satu jenis antioksida yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, kulit bawang berperan membantu kolesterol, tekanandarah, dan peradangan.

Sumber: