Kenapa Kamu Harus Menabung Untuk Masa Depan Anak

Kenapa Kamu Harus Menabung Untuk Masa Depan Anak

ILUSTRASI/NET--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM  -  Menabung suatu upaya dalam pengelolaan keuangan yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan keperluan dana pada masa yang akan datang, merupakan salah satu hal sangat  penting yang harus dilakukan untuk menyiapkan segala kemungkinan di masa depan. Tabungan dapat menjadi penyelamat Anda apabila di kemudian hari membutuhkan dana yang tidak terduga, seperti biaya rumah sakit, terlilit utang atau biaya masa depan anak.

Namun, masih banyak orang yang terjebak dalam kegiatan konsumtif dalam membelanjakan uangnya. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan menabung.

Untuk itu, penting bagi setiap orang menyadari pentingnya menabung untuk masa depan, Menabung sebaiknya menjadi sebuah kebiasaan sejak dini, agar Anda lebih mudah dalam mengelola keuangan ketika sudah dewasa nantinya.Alasan Pentingnya Menabung Sejak Dini, Menabung sejak dini tidak hanya bermanfaat untuk mengelola keuangan di masa depan, tetapi juga bisa membentuk kebiasaan-kebiasaan baik kepada anak-anak.

BACA JUGA:  Pentingnya Menabung Sejak Dini Agar Sukses Dimasa Depan

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menabung harus diterapkan sedini mungkin.

Berikut ini tim Curup Ekspress menghimpun beberapa alasan pentingnya menabung untuk masa depan

 

1. Simpanan Dana Darurat

 

Dengan memiliki tabungan akan berguna ketika kamu menghadapi berbagai keadaan darurat seperti biaya perawatan rumah sakit, memperbaiki kendaraan yang rusak, kebutuhan pendidikan, dan masih banyak lainnya. Keadaan darurat tersebut sering terjadi di luar kehendak yang kita inginkan, dengan memiliki tabungan kamu akan merasa lebih tenang dan aman karena tabunganmu bisa sekaligus menjadi dana darurat.

 

2. Persiapan Untuk Pensiun

 

Ketika anda mempunyai tabungan yang kamu kumpulkan juga bisa menjadi persiapan untuk masa depanmu ketika pensiun dari pekerjaan. Tentunya, kamu tidak akan mungkin bekerja selamanya, akan ada waktu dimana kamu berhenti bekerja dan pensiun. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan dana yang cukup untuk masa pensiun nanti.

BACA JUGA:

3. Persiapan Ketika di PHK

 

Ketika anda mempunyai tabungan, maka akan berguna untuk menghadapi hal tak menentu seperti kehilangan pekerjaan. Di tengah situasi perekonomian yang tidak menentu, ada kemungkinan setiap orang kehilangan pekerjaannya. Memiliki tabungan bisa menjadi jaring pengaman ketika kehilangan pekerjaan, sekaligus menjadi modal awal untuk memulai usaha baru.

 

4. Investasi Jangka Panjang

Menabung bukanlah kegiatan singkat yang hasilnya bisa langsung didapatkan. Hasil menabung bisa dirasakan dalam jangka panjang dengan memiliki tabungan khusus seperti deposit, reksadana, atau bentuk tabungan lainnya di sektor riil yang prospektif. Dengan kata lain, tabungan yang selama ini kamu kumpulkan juga bisa menjadi investasi jangka panjang.

BACA JUGA:

5. Membantu Mencapai Kebebasan Finansial

Menabung juga bisa membantumu mencapai kebebasan finansial. Memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan dapat membuatmu memiliki rasa tenang karena hidup akan terasa lebih mandiri, tidak bergantung dari siapapun, dan jauh dari hutang.

 

Itulah alasan kenapa kamu harus mulai menabung dari sekarang. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu memiliki tabungan yang cukup untuk masa depanmu.

manfaat menabung sendiri tidak menunggu lama untuk bisa dirasakan keuntungannya. Dengan menabung, keuangan bisa terkelola lebih sehat dan peluang Anda mewujudkan kesejahteraan finansial di masa depan menjadi lebih besar.

Sumber: