Pentingnya Menabung Sejak Dini Agar Sukses Dimasa Depan

Pentingnya Menabung Sejak Dini Agar Sukses Dimasa Depan

ILUSTRASI/NET --

PENDIDIKAN,CURUPEKSPRESS.COM -  Menabung merupakan suatu upaya dalam pengelolaan keuangan yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan keperluan uang pada masa yang akan datang.

Tabungan dapat menjadi penyelamat Anda apabila di kemudian hari membutuhkan uang yang tidak terduga, seperti biaya rumah sakit, terlilit utang atau biaya lainnya. 

Menabung sebaiknya dilakukan sejak dini, agar Anda lebih mudah dalam mengelola keuangan ketika sudah dewasa nantinya. Menabung sejak dini tidak hanya bermanfaat untuk mengelola keuangan di masa depan saja, tetapi juga bisa membentuk kebiasaan baik bagi anak-anak.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menabung harus diterapkan sedini mungkin.

 

Berikut alasan penting menabung sejak dini:

 

Biasanya orang tua memberikan uang setiap kali anak Anda menginginkannya untuk membeli sesuatu, maka cara tersebut perlu dirubah. Cobalah berikan kepercayaan yang lebih terhadap anak Anda dalam mengelola uangnya sendiri.

Seperti, berikanlah jatah uang jajan pada anak Anda selama 1 minggu sekali.

Lalu, selama seminggu kedepan jangan berikan uang tambahan pada anak Anda dan biarkan dia untuk mengatur uangnya sendiri agar cukup hingga minggu berikutnya. Dengan begitu, anak Anda akan belajar bagaimana caranya menghemat uang.

BACA JUGA:

 

Alasan menabung harus dilakukan sejak dini adalah upaya ini dapat mengajarkan anak Anda cara dalam mengatur keuangannya sendiri.

Anda bisa mencoba membiasakan si anak untuk membeli sesuatu yang diinginkan menggunakan sisa uang jajan miliknya yang sudah disisihkan sebelumnya Dengan demikian, anak akan belajar cara menentukan dan memilih barang apa yang harus dibeli menggunakan uang tabunganya.

Kebiasaan inilah yang nantinya akan membuat kebiasaan baik pada anak untuk mengatur dan merencanakan keuangannya ketika dia sudah dewasa.

Untuk membuatnya merasa tertantang dan termotivasi, Anda bisa mengajaknya membuat target tabungannya sendiri.

Targetnya pun bisa bermacam-macam, contohnya adalah target untuk membeli mainan impiannya atau pergi jalan-jalan ke suatu tempat dengan menggunakan uang hasil tabungannya.

 

Manfaat menabung selanjutnya adalah dana darurat Anda yang terjaga. Dana darurat ini tentunya akan berguna untuk mengantisipasi kebutuhan tidak terduga apa pun itu dimasa yang akan datang. 

Banyak kebutuhan tidak terduga ini dapat meliputi biaya sakit yang tidak dicover asuransi, biaya perbaikan rumah dan kendaraan, hingga apabila terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK secara mendadak.

BACA JUGA:

 

Setiap orang sudah pasti memiliki impian, baik yang sifatnya finansial maupun tidak.

Dalam mewujudkan impian finansial seperti keamanan dana darurat dan dana pensiun, menabung memiliki peranan penting dalam mewujudkannya.

Jika tidak menabung, keamanan dana darurat dan dana pensiun ini akan sangat sulit bahkan cenderung tidak mungkin untuk terwujud.

Selain impian finansial, menabung juga berperan penting untuk mewujudkan impian lain seperti menunaikan ibadah haji, membeli rumah impian, hingga keliling dunia.

Untuk mewujudkannya, Anda harus menabung dengan menyisihkan uang secara rutin hingga memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah.

 

Upaya menabung sehari-hari sejak dini akan membuat anak Anda semakin pintar dalam memgelolah uangnya sendiri.

Anak Anda juga akan menjadi paham dalam membedakan mana sesuatu yang merupakan keinginan, kebutuhan, dan harapan disetiap penggunaan uang yang dimilikinya.

Hal tersebutlah yang akhirnya akan membuat anak Anda menjadi lebih bijak dalam menentukan sebuah keputusan saat mengelolah uang.

Sumber: