Peringatan Hari Pahlawan, Pemkab Rejang Lebong Jadwalkan 3 Agenda

Peringatan Hari Pahlawan, Pemkab Rejang Lebong Jadwalkan 3 Agenda

Suasana rapat persiapan peringatan Hari Pahlawan di Ruang Rapat Asisten.-IST/CE -

REJANGLEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2023 mendatang.  Pemkab Rejang Lebong jadwalkan sejumlah agenda kegiatan napak tilas perjuangan para pahlawan yang bakal dilaksanakan pada 9 - 11 November 2023.

Asisten I Setda Rejang Lebong, Pranoto Majid SH MSi di Curup mengatakan, pada Kamis 9 November akan dilaksanakan ziarah ke taman makam pahlawan. Sementara upacara puncak peringatan Hari Pahlawan akan dilaksanakan pada Jumat 10 November.

"Kemarin kami rapat bersama lintas sektor membahas tentang agenda di momen peringatan Hari Pahlawan 10 November. Tanggal 9 November kami rencananya bakal ziarah ke makam pahlawan dan besoknya upacara," jelasnya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut dirinya menuturkan, kemudian pada 11 November akan diselenggarakan pawai pejuang yang diikuti dari kalangan pelajar mulai dari SD, SMA, SMK dan MAN.

"Jadi selain ziarah dan upacara, juga kita agendakan ada pawai pejuang," tuturnya.

Ia mengatakan, adapun tema peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 ini berjudul "Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Sementara itu, Sekdis Dikbud Kabupaten Rejang Lebong Hanafi SPd MM menyampaikan, bahwa pawai pejuang akan dilaksanakan, Sabtu, (11/11) pagi. Pawai ini akan diikuti pelajar SD-SMP/MTs, SMA/SMK/MA Negeri dan swasta. Dimana para peserta pawai nantinya akan dilepas Bupati dan unsur Forkopimda di depan rumah dinas bupati di Jl Sukawati.

BACA JUGA:

"Setelah dilepas peserta pawai dan kelompok drum band pelajar yang mengenakan baju dan atribut pejuang kemerdekaan itu langsung bergerak menuju bundaran. Lalu, berbelok ke arah Bang Mego kembali berputar dan finish di Lapangan Setia Negara," terangnya.

Melalui kegiatan pawai pejuang ini, kata dia, diharapkan dapat membangkitkan nilai-nilai patriotisme di kalangan generasi muda. Sekaligus menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan RI. Dengan jiwa dan semangat patriotic pantang menyerah itu generasi muda dapat bekerja keras mendukung percepatan pembangunan darah.

"Bagi pelajar yang mau ikut serta kami masih membuka pendaftarannya," ujar dia.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Kasdim 0409, perwakilan Polres, Kadis Dikbud, Kasat Pol PP, Kepala Dispora, Kepala Dinsos, Dinkes, Diskominfo, Dishub, dan Bagian Kesra Setdakab. 

Sumber: