Mahasiswa UPP Prodi Sains Perkopian Gelar Baksos, KEBASSKO Jilid 2 Tahun 2023

Mahasiswa UPP Prodi Sains Perkopian Gelar Baksos, KEBASSKO Jilid 2 Tahun 2023

Penelitian kopi mahasiswa sains perkopian UPP curup.-ist-

Kuliah lapang di kampung kopi menjadi agenda kegiatan dihari kedua yaitu Sabtu 4 November 2023, kegiatan dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 11.30. Pada Kegiatan ini mahasiswa mengunjungi salah satu wilayah yang dinamakan kampung kopi, disini mahasiswa dapat melihat secara langsung perkebunan kopi, cara penyetekan dan penyambungan kopi, perbedaan antara kopi sintaro 1, Sintaro 2, dan sintaro 3, serta teknik pemanenan yang tepat dan selain itu mahasiswa juga diajarkan cara pemilihan bibit kopi yang bagus serta cara perawatan kebun kopi dengan baik. Pada siang harinya selepas ISHOMA kegiatan KEBASSKO dilanjutkan dengan Kunjungan Indstri ke Pengolah Kopi Koperasi Primatera. Di Industri Pengolahan kopi mahasiswa melihat dan belajar langsung  hilirisasi kopi yaitu setelah kopi di panen diolah menjadi green bean dan kopi bubuk. Mahasiswa juga ditunjukkan mesin dan peralatan dalam pengolahan kopi, serta juga ada pembahasan terkait dengan mutu kopi baik itu mutu fisik maupun mutu cita rasa kopi. 

BACA JUGA:Keindahan Kebun Bunga Tien Soeharto Dikelilingi Perkebunan Kopi

Bakti sosial  menjadi agenda penutup rangkaian kegiatan KEBASSKO Jiid 2 Tahun 2023, tepat dihari Minggu 5 November 2023 merupakan hari terakhir kegiatan KEBASSKO, pada kegiatan ini mahasiswa melakukan kegiatan bakti sosial berkolaborasi dengan karang taruna, perangkat Desa dan masyarakat setempat dengan melakukan kegiatan kebersihan yang menjadi titik penilaian Desa Wisata Desa IV Suku menanti, sebagai informasi bahwasanya Desa IV suku Menanti ini sedang mengikuti perlombaan Desa Wisata tingkat provinsi dan sekarang sedang berada di peringkat 10 besar. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi Mahasiswa Sains Perkopian karena lewat kegiatan KEBASSKO  Mahasiswa Prodi Sains Perkopian berkontribusi untuk kesiapan agenda besar tersebut. 

Pada Sore hari, Sebelum penutupan rangkaian kegiatan KEBASSKO Jilid 2 Tahun 2023,  diadakan  sesi sharing dengan beberapa dosen Prodi Sains Perkopian dan pembacaan kesan-kesan oleh mahasiswa terkhusus peserta terhadap kegiatan KEBASSKO Jilid 2 Tahun 2023. Kegiatan Penutupan dihadiri Oleh Dosen Prodi Sains Perkopian, Tamu Undangan dari Tenaga Kependidikan UPP, Mahasiswa UPP mewakili Fakultas Teknik dan Ekonomi, AAlumni, Mahasiswa perangkatan Prodi Sains Perkopian,  serta Kepala Desa IV Suku Menanti. 


Saat foto bersama.-ist-

Dalam sambutannya Kepala Desa menyampaikan, pihaknya merasa senang dan berterima kasih kepada Program Studi Sains Perkopian Fakulas Pertanian Universitas Pat Petulai yang telah mengadakan KEBASSKO di Desa IV Suku Menanti, Pihak Desa Juga memohon Do’a supaya Desa IV Suku Menanti memenangkan perlombaan sebagai Desa Wisata, kepala desa juga berharap semoga antara Desa IV Suku Menanti dengan Universitas Pat Petulai mampu berkolaborasi dan bersinergi berkelanjutan.

 

Sumber: