Berbagai Khasiat Kopi Pahit untuk Kesehatan

Berbagai Khasiat Kopi Pahit untuk Kesehatan

Kopi.-ILUSTRASI/NET-

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM -  Sahabat Curup Ekspress kopi merupakan hasil pertanian yang banyak di kelolah oleh masyarakat kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Bahkan Kopi Curup Kabupaten Rejang Lebong sendiri sudah dikenal hingga merambah ke negara - negara Asia lainnya.

Dalam kesempatan ini Curup Ekspress tidak mengulas atas persoalan tersebut,  akan tetapi Curup Ekspress saat ini akan mengulas mengenai khasiat kopi jika di konsumsi tanpa gula (pahit) bagi kesehatan. Ternyata khasiatnya sangat banyak lho. Sehingga, tidak heran jika jenis kopi ini digemari banyak orang, terutama untuk diminum di pagi hari. Kenapa kopi pahit? Memang, hal ini tergantung pada selera masing - masing. 

BACA JUGA: Ternyata Memeluk Pohon Bermanfaat bagi Kesehatan Kita

Banyak orang yang percaya khasiat kopi pahit jauh lebih besar dibanding kopi yang menggunakan susu atau gula. Hal ini di diKarena dengan di serumput tanpa gula, kopi pahit cocok untuk di konsumsi oleh pengidap diabetes atau orang yang harus menjaga kadar gula darahnya. Tak hanya itu, kopi pahit juga disebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung, parkinson, dan beberapa jenis kanker, sehingga saat ini tidak  heran jika kopi pahit sekarang turut digandrungi oleh kawula muda.

Buat yang ingin lebih tahu khasiat kopi pahit, berikut berbagai khasiat mengkonsumsi kopi pahit setiap hari:

 

1. Menjaga Fungsi Otak

Bertambahnya usia, otak akan mengalami penurunan fungsi. Hal ini memicu terjadinya penyakit yang berkaitan dengan fungsi otak, seperti demensia dan alzheimer. Kedua resiko tersebut ternyata bisa dicegah dengan minum kopi pahit, dikarenakan kopi mengandung senyawa antioksidan dan antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sel-sel otak. Kopi pahit juga bisa membantu menurunkan gejala tremor atau gemetar pada pengidap penyakit parkinson.

BACA JUGA:

2. Meningkatkan Fokus

Jika anda merasa bisa lebih fokus dan berkonsentrasi setelah minum kopi pahit, hal itu dikarenakan berkat kandungan kafein di dalam kopi, yang menurut sejumlah studi, kafein dalam kopi inilah yang bertanggung jawab dalam memengaruhi fungsi otak dan meningkatkan fokus.

Kafein dapat merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, dan nonadrenalin. Ketiga hormon inilah yang dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus, sehingga dapat berpikir dengan lebih efisien.

 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketahuilah dengan mengkonsumsi kopi pahit secara rutin dapat menjadi salah solusi untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kadar kafein dalam kopi dapat mengurangi rasa lapar. Selain itu, kafein juga memberikan energi yang sangat dibutuhkan oleh orang yang sedang menjalani diet.

Sehingga, dengan mengosumsi kopi pahit dapat membantu seseorang yang sedang diet tetap memiliki energi untuk melakukan rutinitas sehari-hari.

BACA JUGA:

4. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Sebelumnya sudah disebutkan kalau kopi pahit dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Sejumlah studi menunjukkan kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menjaga kadar gula darah. Ini karena kafein dapat meningkatkan kinerja sel beta dalam pankreas yang berfungsi untuk memproduksi hormon insulin guna mengatur kadar gula dalam darah.

 

5. Meningkatkan Performa saat Berolahraga

Bagi yang suka berolahraga di pagi hari, menyeruput kopi pahit sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa dan efektivitas. hal tersebut dikarenakan kopi pahit dapat meningkatkan kadar epinefrin dalam darah yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang intens.

Tidak hanya itu, kopi pahit juga bisa memecah lemak yang disimpan dan melepaskannya ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Asam lemak bebas ini kemudian digunakan tubuh sebagai bahan bakar untuk melakukan aktivitas fisik yang berat.

BACA JUGA:

6. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan jika mengonsumsi kopi pahit dapat mengurangi risiko penyakit kanker tertentu, seperti kanker payudara, hati, dan usus besar. Hal tersebut dikarenakan kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, yang menjadi salah satu faktor utama di balik berkembangnya sel kanker atau tumor.

 

7. Mengurangi Stres

Seperti yang sudah dijelaskan, kopi dapat merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, dan nonadrenalin dalam tubuh. Selain untuk meningkatkan fokus, ketiga hormon tersebut juga dapat membantu memperbaiki mood yang sedang jelek dan mengurangi stres.

BACA JUGA:

8. Bisa Bikin Panjang Umur

Khasiat kopi pahit yang sangat menarik yakni dapat memperpanjang umur. Manfaat satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian. mengonsumsi satu cangkir kopi setiap hari juga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker, Tak hanya itu, senyawa antioksidan dalam kopi juga membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu peradangan.

Ini membuat seseorang yang rutin mengonsumsi kopi dapat terlihat lebih awet muda.

Sahabat Curup Ekspress, itulah hasil ulasan kami mengenai berbagai Khasiat mengkonsumsi Kopi Pahit untuk Kesehatan. Sebagai warga Curup Kabupaten Rejang Lebong provinsi Bengkulu yang merupakan salah satu penghasil Kopi terbesar di pulau Sumatra kita tentunya wajib berbangga dengan penghasilan kopi kita saat ini. Semoga Informasi ini bisa memberikan manfaat. 

Sumber: