Bupati Dorong Masyarakat Kelola Potensi Wisata

Bupati Dorong Masyarakat Kelola Potensi Wisata

Syamsul Effendi--

REJANGLEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Bupati Rejang Lebong, Drs H Syamsul Effendi MM terus mendorong masyarakat agar dapat mengelola setiap potensi wisata yang ada di setiap wilayah masing-masing. Karena sektor pariwisata di era sekarang menjadi salah satu sektor yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami mendorong kepada masyarakat Rejang Lebong apabila ada potensi wisata di wilayahnya agar dapat dibentuk maupun dikelola," katanya.

Dijelaskan Bupati, sektor pariwisata diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi. Karena dengan hadirnya objek wisata, maka perputaran uang menjadi cepat karena ada jasa dan biaya masuk. Belum lagi, usaha mikro kecil menengah (UMKM) akan bermunculan di lokasi dan sekitar lokasi objek wisata.

"Jadi tidak sektor wisata ini sangat menjanjikan, karena berkaitan erat dengan perekonomian yang di dalamnya ada UMKM," terangnya.

BACA JUGA:

Menurut Bupati, tidak mesti suatu objek wisata itu dikelola oleh pemerintah saja, namun faktanya apabila masyarakatnya yang secara langsung mengelola akan jauh lebih baik dan berkembang. Sementara tugas Pemkab Rejang Lebong ialah mendukung melalui pembangunan infrastruktur seperti jalan atau perizinan.

"Tentunya jika dikelola masyarakat, hasilnya akan kembali ke mereka. Pendapatan masyarakat juga lebih meningkat. Pastinya mereka akan merasakan hasilnya, serta perkembangannya lebih cepat," ucapnya.

Kemudian juga jika memang ada pihak ketiga yang ingin berinvestasi, sebut Bupati, maka hal itu akan jauh lebih bagus dan tentu dipersilahkan.

"Karena saya juga banyak berkeliling keluar daerah, kan latar belakang saya birokrasi, sering kemana-mana seperti ke Danau Toba, Mandalika, Bali, NTB, Bandung, terus juga ke Semarang. Saya kira kalau tempat lokasinya kita tidak kalah dengan mereka," jelasnya.

BACA JUGA:

Masih dikatakannya, salah satu contoh paling konkrit yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ialah objek wisata yang ada di Jalan Raya Curup - Lubuklinggau, Talang Ulu Kecamatan Curup Timur. Yang mana bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya.

"Kemudian artinya memperkerjakan warga Rejang Lebong, ada lowongan pekerjaan yang membuat warga menganggur berkurang," demikian Bupati. 

Sumber: