Ustadz Adi Hidayat Bagikan Tips Istiqomah Dalam Beribadah

Ustadz Adi Hidayat Bagikan Tips Istiqomah Dalam Beribadah

Ustadz Adi Hidayat-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam beribadah, hendaknya seseorang itu melakukannya dengan konsisten atau istilah dalam bahasa agama Islam disebut dengan istiqomah. Istiqomah dalam menjalankan sesuatu itu sangatlah penting, terutama dalam menjalankan ibadah.

Karena beribadah dengan istiqomah, seseorang akan mendapatkan keutamaan lebih dari apa yang telah dijalankan. Namun faktanya, sangat sulit bagi seorang muslim untuk bisa istiqomah ketika menjalani suatu ibadah. Sebab iman terasa naik turun.

Ketika iman sedang naik, maka semangat sekali dalam beribadah. Sebaliknya, ketika iman sedang turun, mulai terasa malas untuk menjalaninya.

BACA JUGA:

Pendakwah yang terkenal dengan ingatan yang kuat, Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah ceramah pernah membeberkan tips kepada muslim agar dapat istiqomah dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Taala.

Ceramah tersebut diunggah ulang dalam video di Channel YouTube @Point Kajian Islam yang diunggah beberala tahun lalu tentang cara agar bisa selalu istiqomah dalam melakukan ibadab.

Ketahui dulu apa itu istiqomah? Istiqomah berasal dari kata 'qomah' ditambah 'ista'. Lalu apa arti qomah, artinya tegak, lurus, sempurna. Sedangkan ista merujuk pada bahasa Arab artinya usaha atau keinginan untuk mewujudkan sesuatu.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, hal pertama yang mesti dilakukan ialah mempelajari ketentuan-ketentuan yang sudah ada dalam ibadah tersebut. Ini bertujuan supaya ketika sedang melaksanakan ibadah tertentu bisa dan paham tentang cara yang benar. 

BACA JUGA:

Lalu selanjutnya, jika sudah mengetahui cara yang benar, baru dilanjutkan dengan mencari apa saja keutamaan-keutamaan dari tiap-tiap ibadah yang hendak dijalankan, kata Ustadz Adi Hidayat.

Untuk apa demikian, tutur Ustad Adi, untuk dijadikan motivasi diri dalam mengerjakannya dan mengetahui tujuan dari apa yang dilaksanakan itu memiliki keutamaan apa serta mendapat ganjaran apa.

Tips yang ketiga, kata Ustadz Adi Hidayat, seseorang itu mesti mengetahui apakah ancaman yang bakal diterima apabila meninggalkan ibadah tersebut.

BACA JUGA:2 Syarat Agar Ibadah Diterima Allah

Setelah itu dilakukan, tips yang terakhir yakni selalu berdoa kepada Allah agar diberikan keistiqomahan dalam beribadah.

Ketika sudah menjalani keempat tips diatas, Insyaallah akan menjadi muslim yang bisa menjadi lebih istiqomah dalam melaksanakan berbagai ibadah kepada Allah Subhanahu wa taala dan Rasul-Nya. 

Sumber: