Tips Cara Merawat Kulit Setelah Terkena Sinar Matahari

Tips Cara Merawat Kulit Setelah Terkena Sinar Matahari

Kulit terkena sinar matahari-ILUSTRASI/NET-

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Sunburn atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari bisa menjadi pengalaman yang tidak nyaman dan bahkan menyakitkan bagi banyak orang. Bagi yang mengalami sunburn, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meredakan dan mempercepat proses penyembuhan kulit yang terpapar sinar matahari secara berlebihan.

 

1. Hindari Paparan Matahari Lebih Lanjut

 

Setelah terkena sunburn, penting untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jika memungkinkan, tinggalkan area yang terkena sinar matahari dan pindah ke tempat yang teduh. Penggunaan payung atau topi juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan langsung.

BACA JUGA: Jam dan Tips Paling Aman Berjemur Untuk Tingkatkan Imun Tubuh Tanpa Risiko Kanker Kulit

2. Gunakan Kompres Dingin

 

Mengompres area yang terkena sunburn dengan air dingin dapat memberikan bantuan segera dengan meredakan rasa panas dan peradangan. Gunakan kain bersih yang direndam dalam air dingin dan letakkan di atas kulit yang terbakar selama 15-20 menit beberapa kali sehari.

 

3. Gunakan Pelembap

 

Kulit yang terbakar oleh sinar matahari cenderung kering dan membutuhkan kelembapan. Gunakan pelembap yang mengandung aloe vera atau lidah buaya, karena dapat membantu mendinginkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Atasi Kulit Mengelupas

4. Minum Banyak Air

 

Mengalami sunburn dapat menyebabkan dehidrasi. Penting untuk minum banyak air guna menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses penyembuhan kulit dari dalam.

 

5. Hindari Produk Tertentu

 

Beberapa produk perawatan kulit atau kosmetik tertentu mungkin dapat memperparah iritasi pada kulit yang terbakar. Hindari produk yang mengandung alkohol atau pewangi yang keras.

BACA JUGA:Cara Merawat Kulit Kering Agar Tampil Sehat Sepanjang Hari

6. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Lembut

 

Pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang lembut seperti katun dapat membantu kulit terbakar agar tidak tergesek atau teriritasi lebih lanjut.

 

7. Konsumsi Makanan yang Sehat

 

Makanan yang kaya akan antioksidan dan nutrisi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit. Buah-buahan dan sayuran segar dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki kulit yang terbakar.

BACA JUGA:Cara Bijak Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari

8. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi

 

Jika sunburn sangat parah atau terdapat tanda-tanda infeksi seperti bengkak, nanah, atau demam, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

BACA JUGA:Resep Alami untuk Kulit Sehat dan Berkilau

Merawat kulit setelah terkena sunburn membutuhkan waktu dan kesabaran. Mengambil langkah-langkah ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat proses penyembuhan.

Namun, tetaplah berhati-hati dan konsultasikan dengan profesional kesehatan jika kondisi kulit sangat parah atau jika terdapat perubahan yang mencurigakan setelah terkena sunburn.

Sumber: