Rumah Warga Sukaraja Terancam Amblas, Butuhkan Bantuan Bronjong

 Rumah Warga Sukaraja Terancam Amblas, Butuhkan Bantuan Bronjong

nicko/ce Raden Awani.--

CURUPEKSPRESS.COM - Beberapa rumah warga di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur yang berada di pinggir sungai, terancam amblas jika terjadi longsor sewaktu-waktu.

Karena diketahui, jarak lokasi rumah warga dengan bibir sungai, tidak sampai sekitar 50 meter lagi.

Lurah Sukaraja Raden Awani mengatakan, diperkirakan kurang dari 2 taun lagi bibir sungai yang terus mendekat, akan sampai dengan lokasi rumah yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA:Pengguna Jalan Curup-Lebong Harus Hati-hati, Ada Jalan Amblas. Disini Lokasinya

BACA JUGA:Jalan Lintas Curup Lebong Putus, Timbunan Longsor Capai 7 Meter

 

Sehingga besar kemungkinan, rumah warga akan amblas karena tanahnya tergerus. Apalagi saat ini, cuaca sedang tak menentu, dan teru-terusan hujan.

"Sebelumnya jarak bibir sungai dengan rumah warga kita itu cukup jauh. Namun lambat laun, bibir sungai semakin mendekati rumah warga karena terus tergerus oleh air sungai. Saya bisa perkirakan, paling lama sekitar 2 tahun lagi tanah akan semakin tergerus," terangnya.

Karena itu disampaikan Raden, saat ini pihaknya membutuhkan bantuan pembuatan bronjong untuk diletakkan di sekitaran rumah warga yang berada di pinggiran sungai itu.

BACA JUGA:Jalan Menuju Rumdin Bupati Kembali Amblas

BACA JUGA:Jalan Amblas Bahayakan Pengendara, Khususnya Malam Hari

 

Karena setidaknya, ada sekitar 200 meter yang butuh dipasang bronjong tersebut 

"Ada sekitar 7 unit rumah yang berada di sekitaran bibir sungai. Sehingga setidaknya, dibutuhkan sekitar 200 meter bronjong untuk disekitaran lokasi tersebut," jelasnya.

Sumber: