Resep Yangko Kudapan Khas Yogyakarta

Resep Yangko Kudapan Khas Yogyakarta

Yangko -ILUSTRASI/NET-

FOOD,CURUPEKSPRESS.COM - Yangko adalah makanan khas kota Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, kenyal, dan rasanya manis. Pada rasa aslinya, Yangko berisi campuran cincangan kacang, seperti kue moci asal Jepang. Hanya bedanya, moci lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan yangko.

Yuk simak resep dibawah ini.

 

Bahan-bahan:

  • 125 gr tepung ketan putih sangrai
  • 200 ml air matang
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt pasta vanila 

Bahan Taburan:

  • 10 gr tepung ketan putih sangrai
  • Secukupnya pasta

BACA JUGA:Resep Bolu Pandan Jadul

BACA JUGA:Resep Kue Bolu Macan Makanan Khas Bangka

 

Cara Membuat:

  1. Sangrai tepung ketan selama 5 menit dengan api kecil. Sebaiknya takaran tepung agak dilebihkan. Saya gunakan 150gr tepung ketan putih. Sisihkan dulu hingga suhu ruang.
  2. Rebus gula pasir, garam, air dan vanili hingga gula larut kemudian sisihkan hingga suhu ruang 
  3. Tuang air gula ke dalam tepung ketan. Aduk hingga larut tidak bergerindil. Saring bila perlu. Lalu bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan warna/rasa yang hendak dibuat. Saya cukup satu rasa saja. Ini saya gunakan pasta moka .Sesuaikan dengan selera masing-masing.
  4. Siapkan loyang untuk mencetak nantinya. Saya gunakan plastik tahan panas kemudian taburi dengan tepung ketan sangrai secukupnya
  5. Sekarang kita masak dulu adonan tadi. Gunakan wajan antilengket dan api kecil. Masak sambil tetap diaduk, jangan ditinggal ya. Masak hingga adonan mengental.
  6. Cetak adonan di loyang yang tadi sudah disiapkan. Gunakan sendok yang sudah dilumuri tepung ketan sangrai. Bentuk hingga menjadi kotak, bungkus plastik dan simpan di kulkas hingga adonan set minimal selama 6 jam.
  7. Potong-potong yangko dengan pisau yang sudah dilapisi plastik. Taburi dengan tepung ketan sangrai. Siap disajikan.

Sumber: