Terkait Potensi Gempa Megathrust Enggano, BMKG Minta Masyarakat Jangan Panik!

Terkait Potensi Gempa Megathrust Enggano, BMKG Minta Masyarakat Jangan Panik!

Terkait Potensi Gempa Megathrust Enggano, BMKG Mintak Masyarakat Jangan Panik-ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM -  Terkait gempa megathrust di enggano banyak sekali kepanikan dan kekhawatiran masyarakat bengkulu akan gempa tersebut.

Oleh karena itu BMKG memperingatkan kepada masyarakat Bengkulu tidak usah panik dengan potensi gempa megathrust enggano.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang mengimbau masyarakat Bengkulu agar tidak panik terkait potensi gempa Megathrust Enggano.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Gempa Megathrust di Indonesia, Apa Itu?

BACA JUGA:Gempa 5.0 SR Guncang Bengkulu Terasa Hingga Kepahiang dan Curup

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Pertama Tri Rizki Muksida, mengatakan pihaknya sampai saat ini belum dapat memprediksi dan memastikan kapan terjadinya gempa itu.

Memang berdasarkan kajian yang telah dilakukan, terdapat potensi gempa Megathrust Enggano dengan magnitudo maksimal mencapai 8,9 yang dapat terjadi di wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:Gempa 5,3 SR Guncang Bengkulu, Terasa Hingga ke Curup

BACA JUGA:Sering Terjadi Gempa, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Menyelamatkan Diri Saat Gempa Terjadi

 

Namun demikian, untuk kapan terjadinya gempa Megathrust Enggano belum diketahui.

Oleh karena itu, BMKG meminta kepada seluruh masyarakat agar bisa memahami lagi tentang potensi gempa bumi tersebut sehingga bisa melakukan mitagasi sebelum, saat terjadi dan setelah terjadi gempa.

“Jadi sebelum terjadinya gempa bumi kita harus menyiapkan diri. Salah satunya dengan menyiapkan tas siaga bencana yang berisi obat-obatan, surat penting, baju dan makanan simpanan,” jelas Tri.

BACA JUGA:BMKG Bakal Pasang Alat Pendeteksi Gempa

Sumber: